Teknologi
Rabu, 1 Februari 2017 - 15:10 WIB

Tahun 2020, Tiongkok Berangkat ke Mars dan Jupiter

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Planet Mars (space.com)

Tiongkok bakal memberangkatkan ilmuwannya ke Mars dan Jupiter.

Solopos.com, BEIJING — Tiongkok berencana melakukan penjelajahan ruang angkasa dengan mengunjungi Planet Mars. Selain itu, adapula agenda penjelajahan astereoid dan sistem Jupiter.

Advertisement

Wakil direktur lembaga antariksa Republik Tiongkok (CNSA) Wu Yanhua mengatakan misi Mars yang akan dilakukan pada 2020 mendatang bertujuan membawa kembali sampel dan melakukan penelitian pada struktur, komposisi planet dan lingkungan Mars.

Dia mengatakan, Tiongkok berkeinginan membangun kekuatan industri kerdigantaraan pada 2030 dan kunci proyek itu telah direncanakan mulai dilakukan di 2020 termasuk sistem navigasi satelit BeiDou dan program satelit pengamatan Gaofen (Resolusi Tinggi).

“Pada penyelidikan yang kedua kalinya ke Mars ini, nantinya akan membawa sampel dan mengadakan penelitian pada struktur, komposisi, dan lingkungan planet,” ujar Wu.

Advertisement

Untuk agenda mengekplorasi asteroid dan mengitari sistem Jupiter, Tiongkok mengaku akan membuka industri kedirgantaraan dan infrastruktur ruang. Kunci dari proyek kedirgantaraan ini telah direncanakan untuk 2020, termasuk program luar angkasa berawak dan penyelidikan terhadap permukaan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif