Soloraya
Sabtu, 28 Januari 2017 - 15:35 WIB

KECELAKAAN WONOGIRI : Tak Kuat Menanjak, Truk Tangki BBM Hantam Poskamling dan 2 Kendaraan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga membersihkan puing poskamling Salak RT 001/RW 004, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Sabtu (28/1/2017). Poskamling tersebut rusak akibat terhantam truk tangki Pertamina, Jumat (27/1/2017) petang. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Kecelakaan Wonogiri terjadi di Jl. Salak Giripurwo.

Solopos.com, WONOGIRI — Truk tangki Pertamina bermuatan bahan bakar minyak (BBM) menghantam dua kendaraan dan tiga bangunan termasuk pos keamanan lingkungan (poskamling) di Jl. Salak V Lingkungan Salak, Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (27/1/2017) pukul 18.00 WIB.

Advertisement

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Evakuasi kendaraan bermuatan 32.000 liter Pertalite, Pertamax, dan solar itu memakan waktu lebih dari 17 jam. Truk baru dapat dievakuasi Sabtu (28/1/2017) pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Sabtu, terdapat tiga bangunan yang hancur, yakni dua pagar rumah dan satu Poskamling Salak RT 001/RW 004. Warga setempat, Setyaningsih, menginformasikan kecelakaan terjadi karena truk tangki Pertamina yang melaju dari utara tidak kuat menanjak.

Akibatnya, truk kehilangan kendali sehingga meluncur ke belakang. Saat itu lah truk menghantam minibus yang berada di belakangnya. Sepeda motor yang berada di dekat minibus terhindar dari kecelakaan. Kendaraan yang terus meluncur membuat minibus ikut terdorong hingga menghantam pagar sisi barat jalan.

Advertisement

Sementara itu kepala truk menghantam pagar besi rumah warga sisi timur jalan. Truk terus meluncur hingga akhirnya masuk ke gang kampung lalu melindas satu unit sepeda motor yang terparkir di depan rumah warga. Hingga akhirnya truk menghantam poskamling.

“Pengemudi minibus dan truk tidak mengalami luka serius. Saat itu bau bensin. Sontak warga panik, khawatir tangki meledak,” kata perempuan paruh baya itu.

Salah satu keluarga pemilik rumah yang pagarnya hancur, Andi, mengatakan kerusakan properti warga akan diganti penuh oleh pihak Pertamina. Dia memberitahukan hampir setiap tahun kecelakaan lalu lintas (lakalantas) akibat truk tak kuat menanjak terjadi.

Advertisement

Kapolres Wonogiri, AKBP Ronald Reflie Rumondor, melalui Paur Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, mengatakan truk tangki Pertamina yang terlibat lakalantas berpelat nomor AB 8923 ME dikemudikan Marsudi, 44, warga Tulungagung, Jawa Timur.

Sedangkan mobil yang ikut terlibat Daihatsu Granmax B 1067 GKE dikemudikan Tarmadi, 32, warga Baturetno, Wonogiri. Menurut dia saat itu Granmax sempat menghindar namun terlambat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif