Sport
Kamis, 26 Januari 2017 - 08:40 WIB

Taekwondo Solo Bidik Juara Umum Turnamen di Magelang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Taekwondo Solo mengikuti turnamen di Magelang.

Solopos.com, SOLO — Pengurus Kota (Pengkot) Taekwondo Indonesia (TI) Solo membidik gelar juara umum pada ajang Magelang Open Taekwondo Championship Walikota Cup-V se Jawa-Bali di Magelang, Sabtu-Minggu (4-5/1/2017). Sebanyak 40 atlet diturunkan untuk berlaga pada kategori Kyorugi dan Poomsae.

Advertisement

Sayangnya, mereka dipastikan tidak tampil dengan kekuatan penuh pada kategori Poomsae. Hal itu menyusul absennya beberapa atlet yang sudah berlaga pada kejuaraan nasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Desember 2016 lalu, dan kejuaraan nasional Delta di Jakarta, November 2016.

“Kedua-duanya [kategori], kami menurunkan atlet. Tapi yang seni, kami tidak menurunkan full team. Karena kemarin kami baru saja mengikuti dua event besar di akhir tahun. Jadi, ada beberapa atlet yang kami istirahatkan. Nanti, tidak menurunkan lini pertama semuanya,” kata Binpres TI Solo, Ali Sholikin ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (25/1/2017).

Meskipun tidak tampil dengan kekuatan penuh, TI Solo tetap menargetkan untuk meraih gelar juara umum di ajang tersebut. Mereka mengandalkan nama-nama seperti Osanando, Analicia Bella, Fadhila Ayu Prasasti (Junior), Irsyad Rafa (Pra Kadet), dan Pradinda Puspita (Kadet) untuk mendulang perolehan medali emas.

Advertisement

“Kami memang menargetkan anak-anak untuk juara umum setiap turun dalam sebuah turnamen. Agar anak-anak termotivasi untuk memenangkan di semua pertandingan,” imbuhnya.

Mereka juga telah menggenjot latihan intensif sejak beberapa waktu yang lalu untuk ajang di Magelan itu. Di sisi lain, ajang tersebut juga bisa menjadi persiapan yang tepat untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 bagi atlet Junior.

“Ya, memang yang junior kami proyeksikan ke Porprov 2018. Kami melakukan pembinaan sejak awal, tapi dengan catatan setiap pertandingan kami akan seleksi lebih dulu,” terang Ali.

Advertisement

Taekwondo merupakan salah satu cabang yang rutin menyumbangkan medali emas Porprov bagi kontingen Solo. Dalam dua ajang terbaru, Taekwondo Solo hanya kalah dari Taekwondo Semarang. Pada Porprov 2009 di Solo, Taekwondo mengamankan dua medali emas. Sedangkan pada 2013 di Banyumas, Taekwondo berhasil menyabet empat emas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif