Sport
Sabtu, 21 Januari 2017 - 00:30 WIB

PIALA AFRIKA 2017 : Senegal Pastikan Tempat di Perempatfinal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Piala Afrika 2017 (REUTERS/Mike Hutchings)

Piala Afrika 2017 diwarnai dengan Senagal yang lolos ke perempatfinal.

Solopos.com, FRANCEVILLE – Grup B Piala Afrika 2017 memainkan pertandingan kedua pada Jumat (20/1/2017). Senegal menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak perempatfinal setelah memenangi pertandingan keduanya.

Advertisement

Menghadapi Zimbabwe di Stade de Franceville, Franceville, Senegal menang dengan skor 2-0. Sadio Mane dan Henri Saivet menjadi pemain yang mencetak gol untuk Senegal. Kedua gol itu pun tercipta pada menit-menit awal babak pertama.

Mane membuat Senegela unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Winger Liverpool itu berlari di tiang jauh untuk menuntaskan umpan Keita Balde Diao menjadi gol. Tanpa pengawalan, Mane dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Empat menit berselang, Senegal menggandakan keunggulan. Saivet mencatatkan namanya di papan skor lewat sebuah tendangan bebas yang tak bisa diadang penjaga gawang Zimbabwe, Tatenda Mkuruva. Skor 2-0 untuk Senegal itu bertahan hingga laga usai.

Advertisement

Kemenangan tersebut membuat Senegal memuncaki klasemen Grup B dengan torehan enam poin dari dua. Hal itu juga membuat Senegal lolos ke babak perempatfinal Piala Afrika 2017.

Pada pertandingan sebelumnya di Grup B, Tunisia membuka peluang untuk lolos. Mereka berhasil mengalahkan Aljazair dengan skor 2-1. Bunuh diri Aissa Mahdi di menit ke-50 membuat Tunisia unggul 1-0.

Tunisia kemudian mampu menggandakan keunggulan lewat penalti Naim Sliti di menit ke-66. Penalti diberikan setelah Faouzi Ghoulam menjatuhkan Wahbi Khazri di kotak terlarang.

Advertisement

Aljazair cuma bisa membalas sekali melalui gol Sofiane Hanni di masa injury time. Tembakan keras Hanni meneruskan umpan silang Adlene Guedioura menipiskan kekalahan timnya. Skor 2-1 untuk Tunisia pun bertahan hingga laga usai.

Klasemen Sementara
No Tim Main Poin
1. Senegal 2 6
2. Tunisia 2 3
3. Zimbabwe 2 1
4. Algeria 2 1

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif