Teknologi
Jumat, 20 Januari 2017 - 21:45 WIB

Telanjur Join Saluran BBM Palsu? Begini Cara Mengatasinya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan saluran BBM mencurigakan (screen capture)

Saluran BBM mencurigakan tawarkan BBM tanpa kuota Internet.

Solopos.com, SOLO – Undangan saluran Blackberry Messenger (BBM) palsu ramai diperbincangkan netizen Indonesia, Jumat (20/1/2017). Saluran tersebut berisi perintah memperbarui aplikasi BBM dengan langkah yang tak biasa agar dapat mengakses BBM tanpa memangkas kuota Internet.

Advertisement

Pengelola BBM melalui Twitter mengonfirmasi hal itu adalah informasi palsu, sehingga tidak perlu diikuti dan disebarkan. Namun, bagi yang sudah terlanjur, apa yang harus dilakukan?

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat, pukul 19.15 WIB, beredar pula broadcast message (BM) yang menyebut saluran BBM palsu tersebut adalah buatan hacker yang ingin menduplikat kontak BBM dan surat elektronik (surel) kepada para korbannya. BM itu juga menganjurkan pengguna untuk install ulang aplikasi BBM (bagi yang sudah terlanjur masuk saluran tersebut).

Sebenarnya, BM beredar itu belum bisa diverifikasi kebenarannya karena tidak dijelaskan secara pasti sumber BM dan pihak BBM juga mengonfirmasi informasi tersebut. Selain itu, secara teori, saluran BBM hanya digunakan untuk menyebarkan informasi tertentu. Informasi itu nantinya akan muncul di umpan BBM para pengguna. Saluran BBM tidak mempengaruhi fitur lain dalam aplikasi BBM.

Advertisement

Pada dasarnya, pengguna BBM bebas masuk dan keluar sebuah saluran, bagi pengguna yang sudah terlanjur mengikuti saluran BBM palsu tersebut tak ada salahnya mencoba keluar saluran. Untuk keluar saluran Anda harus masuk ke bagian saluran yang Anda ikuti. Cari saluran BBM yang mencurigakan, kemudian tekan titik tiga sebelah kanan atas. Akan muncul lima pilihan, pilih yang paling bawah “tinggalkan saluran”. Setelah itu Anda seharusnya sudah keluar dari saluran BBM.

Cara keluar dari saluran BBM (screen capture)

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat pukul 20.20 WIB, terhadap ponsel yang sudah terlanjur masuk ke saluran BBM palsu tersebut, saluran kini sudah tidak bisa dibuka. Saluran tersebut hanya bertuliskan “saluran ini tidak ada”.

Advertisement

Saluran BBM mencurigakan sudah tidak ada (screen capture)

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif