News
Jumat, 20 Januari 2017 - 10:43 WIB

Kebakaran di Pasar Senen Jakarta Dilumpuhkan, Pemadam Sisir Titik Api

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Asap membubung ke udara dari bangunan Blok I dan Blok II yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Api yang melalap Pasar Senen Jakarta berhasil dijinakkan.

Solopos.com, JAKARTA – Kebakaran yang menghanguskan blok I, II dan III Pasar Senen, Jakarta, berhasil dijinakkan Jumat (20/1/2017) dini hari, setelah pemadam kebakaran berjibaku sekitar 20 jam untuk menghentikan amukan si jago merah itu.

Advertisement

“Malam ini, Jumat dini hari pukul 00.00 WIB, api sudah mulai padam. Namun kami masih terus melakukan penyisiran di beberapa titik terutama yang terlihat kepulan asap, untuk memastikan api tidak akan berkobar lagi,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Provinsi DKI Jakarta, Subejo, di Jakarta, Jumat.

Subejo mengatakan meskipun api sudah bisa dikuasai, pihaknya masih terus berjaga-jaga dengan menyemprotkan air di sejumlah lokasi yang masih menimbulkan panas dan asap.

Ia menyatakan petugas kesulitan memadamkan api karena di dalam kios yang berjumlah 1.500 unit tersebut berisikan barang-barang yang mudah terbakar, seperti pakaian jadi, tekstil, percetakan, hingga elektronik.

Advertisement

“Situasi yang kami hadapi semakin sulit di mana aliran air dari kali Kwitang, dan Kali Lio tersendat karena harus melalui jalan yang dilintasi kendaraan di sekitar Pasar Senen,” tegas Subejo dilansir Kantor Berita Antara.

Dia menjelaskan sejak kebakaran Pasar Senen diketahui pada Kamis (19/1/2017) pukul 04.20 WIB, sebanyak 70 mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan yang melibatkan 271 petugas pemadam. Kebakaran hebat mencapai puncaknya Kamis sekitar pukul 10.00 WIB hingga siang hari yang radiusnya semakin meluas.

Beberapa akses untuk mendekat titik api sulit ditembus oleh petugas karena masih terkunci sehingga menyulitkan pemadaman. “Ditambah lagi warga yang terus mendekat ke lokasi kebakaran juga menyulitkan petugas melakukan pemadaman,” kata dia.

Advertisement

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Mukhtar Zakaria mengatakan, api sudah mulai berkurang, dalam tahap pendinginan oleh petugas. Tapi, petugas juga masih mengecek tiap kios yang terbakar, agar tidak menimbulkan api lagi.

“Sudah banyak berkurang [titik api] tinggal pendinginan,” ujar Mukhtar Zakaria di lokasi Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut Muchtar, petugas pemadam kebakaran membongkar kios-kios yang masih tertutup. Untuk, pengecekan di tiap-tiap kios untuk memastikan bahwa tidak ada titik api lagi disana.

“Petugas kami memastikan akan buka kios-kios pedagang. Untuk, mencari apakah ada titik-titik asap dan api,” kata dia dilansir Okezone.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif