News
Jumat, 20 Januari 2017 - 15:30 WIB

Gedung Pencakar Langit Tertua di Iran Ambruk Setelah Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kebakaran di gedung Plasco, Teheran, Iran (Aljazeera.com)

Gedung pencakar langit tertua di Iran hangus terbakar, Kamis (19/1/2017).

Solopos.com, TEHERAN – Bangunan pencakar langit tertua di Iran, Gedung Plasco, terbakar Kamis (19/1/2017). Gedung pusat perbelanjaan yang berdiri sejak 1962 itu ambruk setelah terbakar. Beruntung, sejumlah anggota pemadam kebakaran berhasil mengevakuasi seluruh orang yang menghubi gedung tersebut.

Advertisement

Sayangnya, sebuah laporan menduga 30 anggota pemadam yang terjebak di bawah reruntuhan gedung tewas. Dikabarkan Aljazeera, kebakaran itu membuat puluhan orangb tewas dan ratusan lainnya terluka. Sampai saat ini, pemerintah setempat memerintahkan untuk terus mengevakuasi korban yang terjebak di reruntuhan gedung.

Seorang juru bicara tim pemadam kebakaran, Jalal Malekias, menyebut bangunan tersebut sangat rawan runtuh. “Kami telah beberapa kali memperingatkan pihak pengelola gedung untuk memeriksa kondisi bangunan dan meningkatkan standar keamanan,” tutur Malekias.

Lebih lanjut, Malekias mengatakan peringatan tersebut diabaikan oleh pihak pengelola gedung. “kami melihat banyak pakaian yang digantung di tangga dan beberapa barang lain yang tak tersusun rapi. Hal itu bertentangan dengan standar keselamatan yang ada,” imbuh Malekias.

Advertisement

Gedung Plasco dibangun oleh Habibolah Elghanian, seorang pengusaha Iran. Gedung 15 lantai yang selesai dibangun pada 1962 itu merupakan bangunan tertinggi di Teheran kala itu. Tapi, seiring dengan kemajuan zaman, gedung tersebut menjadi bangunan biasa karena banyak gedung lain yang dibangun lebih tinggi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif