News
Kamis, 19 Januari 2017 - 14:53 WIB

Heboh Rekaman TKW Oman Dikurung Majikan, Begini Klarifikasi KBRI Muscat

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rekaman TKW nangis yang diunggah @lambe_turah. (Istimewa/Instagram)

KBRI Muscat mengaku persoalan Elisa telah ditangani.

Solopos.com, JAKARTA — Seorang tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di Oman mengaku dianiaya majikannya dan tidak bisa kemana-mana, dikurung majikan di kamar. TKW bernama Elisa ini membuat rekaman video yang disebar via jejaring sosial.

Advertisement

Akun Instagram @lambe_turah, mengunggah video seorang wanita berjilbab sedang menangis. Akun ini mengklaim wanita dalam video itu adalah seorang TKW bernama Elisa yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari majikannya.

“Video ini dibikin 16 Januari 2017 kemarin. Tapi skrg hp nya dah disita majikannya. Monggo di bagikan biar cepet dilacak,” demikian ditulis @lambe_turah di keterangan video yang diunggah Kamis (19/1/2017) siang WIB itu.

Rekaman itu memperlihatkan Elisa menangis sebelum akhirnya mengunggkapkan apa yang dialami dirinya. “Coba saya ditempeleng, lihat, Majikan saya pakai cara kekerasan,” katanya. “Tolongin saya di Oman dianiaya,” katanya lagi.

Advertisement

Video ini awalnya diunggah ke akun Facebook Elisa Poetre Karawang yang diklaim sebagai milik pribadi Elisa. Dia mengaku TKW berasal dari Pandeglang, Banten.

@lambe_turah bukan satu-satunya akun populer yang menerima kiriman video ini. Selebgram Retno Hening juga mendapat mention video serupa. Akun yang terkenal dengan rekaman bocah lucu bernama Kirana juga mengunggah klarifikasi dari pihak KBRI Oman.

Advertisement

Dalam unggahan Retno Hening, Konsuler KBRI Muscat, Oman, lewat akun media sosial Pensosbud Muscat mengatakan telah melakukan tindak lanjut. Pihak KBRI telah menerima aduan dan melakukan komunikasi dengan majikan Elisa. KBRI juga meminta klarifikasi dan berusaha memenuhi hak-hak dari Elisa.

“Alhamdulillah. Masalah saudara kita sudah ditangani,” tulis akun KBRI Muscat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif