News
Kamis, 19 Januari 2017 - 10:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 19 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Indira Ghandi (Indianexpress.com)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 19 Januari.

Solopos.com, SOLO – Pada 19 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Dirangkum Solopos.com dari laman Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia, inilah peristiwa tersebut:

Advertisement

1817
Pasukan berjumlah 5.423 orang yang dipimpin oleh Jose de San Martin, seorang jenderal berkebangsaan Argentina yang menjadi pimpinan utama di berbagai perujaungan di Amerika Latin melintasi Pegunungan Andes untuk memerdekakan negara Peru dan Chili.

1829
Drama karya Johnann Wolfgang von Goethe bertajuk Faust: The Firts Part of The Tragedy kali pertama tampil di Jerman. Goethe adalah novelis, sastrawan, ilmuwan, sekaligus filsuf asal Jerman yang terkenal menjelaskan teori warna.

Advertisement

1829
Drama karya Johnann Wolfgang von Goethe bertajuk Faust: The Firts Part of The Tragedy kali pertama tampil di Jerman. Goethe adalah novelis, sastrawan, ilmuwan, sekaligus filsuf asal Jerman yang terkenal menjelaskan teori warna.

1915
Balon udara Zeppelin milik Jerman mengebom sejumlah kota di Inggris yang membuat ratusan warga sipil meregang nyawa. Zeppelin merupakan balon udara berbentuk cerutu raksasa yang bisa dikemudikan. Balon tersebut dirancangan oleh Ferdinand Adolf hainrich August von Zeppelin, ahli aeronautika (ilmu merancang pesawat terbang) dari Jerman.

1955
Permainan papan Scrabble mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan Kanada. Scrabble merupakan permainan menyusun kata yang dimainkan dua sampai empat orang dengan mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk kepingan huruf di atas papan. Permainan ini biasanya dipakai untuk memperkenalkan berbagai macam bahasa kepada anak-anak.

Advertisement

1977
Presiden Amerika Serikat, Gerald Ford memberi ampunan kepada Iva Toguri D’Aquino, seorang wanita penyiar radio. Sebelumnya, Iva ditahan oleh pasukan militer Amerika Serikat karena turut berpartisipasi dalam propaganda yang disiarkan oleh sebuah radio di Tokyo untuk menghancurkan pasukan sekutu.

1983
Nikolaus Barbie atau yang lebih dikenal dengan nama Klaus Barbie dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan Jerman atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukannya. Klaus adalah seorang anggota Gestapo alias polisi rahasia NAZI Jerman yang kerap melaukan penyiksaan terhadap tawanan Prancis yang dipenjarakan di Lyon, Prancis.

2006
Sebuah pesawat ruang angkasa tanpa awak yang diberi nama Probe New Horizons diluncurkan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk melakukan penjelajahan di Pluto.

Advertisement

2007
Hrant Dink, seorang jurnalis asal Turki ditembak mati di depan kantor surat kabar tempatnya bekerja oleh seorang warga sipil Ogun Samast.

2012
Sebuah situs Internet yang menyediakan fitur mudah untuk menyimpan berkas di suatu server di tutup oleh Federal Bureau of Investigation (FBI). Perusahaan yang didirikan di Hong Kong, Tiongkok pada 2005 itu ditutup karena dugaan pelanggaran hak cipta. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif