Teknologi
Rabu, 18 Januari 2017 - 23:10 WIB

PENEMUAN BARU : Ruang Bawah Tanah 2.400 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ruang bawah 2.400 tahun Tiongkok (Xinhua)

Arkeolog Tiongkok menemukan sebuah ruang bawah tanah langka.

Solopos.com, SOLO – Sebuah ruang bawah tanah dan perapian langka ditemukan arkeolog di Tiongkok. Penemuan itu berada di reruntuhan kota kuno tang pernah menjadi ibu kota negara itu pada 2.400 tahun lalu.

Advertisement

Ruang bawah tanah yang ditemukan di reruntuhan Yueyang City, ibu kota negara bagian Qin selama Periode Negara Perang 476-221 SM, itu memiliki panjang 5X4 meter. Basis pilar batu dan batu bata persegi juga ditemukan di dalam ruangan.

Seorang arkeolog terkenal Li Yufang sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua, Selasa (17/1/2017) mengatakan, bangunan dengan ruang bawah tanah yang langka pada periode tersebut memiliki gaya kelas atas dan disinyalir itu merupakan rumah penguasa negara.

Para ahli menduga ruang bawah tanah tersebut merupakan tempat penyimpanan barang-barang selir sang penguasa.

Advertisement

Sebuah perapian juga terlihat di istana yang runtuh tersebut, kata Liu Rui, seorang peneliti Institut Arkeologi dari Ilmu Pengetahuan Sosial Akademi China, yang juga kepala tim penggalian.

Yueyang City di Kabupaten Yanliang di kota Xi’an, Provinsi Shaanxi di barat laut China, menjadi ibu kota negara Qin selama 35 tahun.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif