News
Rabu, 18 Januari 2017 - 17:35 WIB

KPK Buru Tersangka Dugaan Korupsi E-KTP di Singapura

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyidik KPK (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

KPK memburu tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP yang kini berada di Singapura.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo mengungkapkan tim penyidik KPK tengah mengejar orang yang diduga turut bertanggung jawab atas kerugian negara dalam proyek pengadaan e-KTP.

Advertisement

“[kasus] E-KTP jalan terus. penyidik kami ada yang bertugas di luar negeri untuk [mencari tersangka dugaan korupsi] e-KTP. Itu berjalan terus mudah-mudahan ada perkembangan yang signifikan setelah mereka pulang dari Singapura. Ada pelaku yang di sana, salah satu suplier,” ujar Agus seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III di Gedung DPR, Rabu (18/1/2016).

Terpisah, tim penyidik KPK tengah memeriksa President Director PT Biomorf Lone Indonesia, Kevin Johnson, terkait proyek pengadaan e-KTP. Kevin Johnson diperiksa sebagai saksi untuk salah satu tersangka, yaitu mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri?, Sugiharto.

PT Biomorf merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) selaku subkontrak konsorsium pemenang tender dalam proyek yang menelan anggaran hingga Rp6 triliun tersebut. Kemenangan perusahaan asing dalam pengadaan e-KTP itu pun sempat dipertanyakan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahajo Kumolo.

Advertisement

Selain memeriksa bos PT Biomorf, pada hari yang sama KPK juga akan memeriksa sejumlah saksi lainnya untuk tersangka Sugiharto seperti PNS Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Indra Satia.

Sementara itu, hasil pemeriksaan terhadap lebih dari 250 orang saksi, KPK menyatakan telah berhasil menyita uang senilai Rp247 miliar yang diduga hasil korupsi proyek e-KTP sepanjang 2016. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, menjelaskan jika uang ratusan miliaran rupiah tersebut disita dari perorangan dan korporasi.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Korupsi E-ktp Pt Biomorf
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif