Teknologi
Selasa, 17 Januari 2017 - 22:45 WIB

TAHUKAH ANDA? : Mengapa Jendela Pesawat Terbang Berbentuk Kotak?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jendela pesawat terbang (Daily Mail)

Tahukah Anda alasan jendela pesawat terbang berbentuk kotak?

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa jendela pesawat terbang berbentuk kotak? Ternyata bentuk kotak bukan desain semata, tetapi mengandung makna lain yang berkaitan erat dengan keselamatan penumpang.

Advertisement

Jendela kotak pada pesawat terbang biasa dikenal lubang bernafas yang berfungsi mengatur tekanan udara dengan menghadirkan tiga gelas kaca. Pasalnya, saat berada di udara, pesawat akan mudah pecah jika tidak dilapisi.

Berdasarkan laporan dari Independent sebagaimana dikutip Okezone, Selasa (17/1/2017), jendela pesawat juga berguna untuk membuang lembab dari embusan nafas agar tidak berkabut selama berada di pesawat. Secara teknik, jendela tersebut berfungsi mengatur temperatur yang baik dari dalam pesawat.

Daily Star pernah menjelaskan jika dalam keamanan penerbangan, bentuknya juga membantu untuk meredam mesin dari luar. Tekanan udara yang besar menjadi pertimbangan mengapa jendela kotak.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Travelerstoday, Selasa (17/1/2017), pada akhirnya kesimpulan jendela kotak hanya untuk keselamatan penumpang. Oleh karena itu, ketika berada di dalam pesawat penumpang akan merasakan kenyamanan dan keamanan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif