News
Selasa, 17 Januari 2017 - 23:00 WIB

Amerika Serikat akan Pasok LPG ke Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi persediaan elpiji 12 kg (Burhan Aris Nugroho/JIBI/Solopos)

Amerika Serikat akan memasok LPG ke Indonesia dalam jumlah lebih besar pada 2017.

Solopos.com, JAKARTA — Liquefied petroleum gas (LPG) asal Amerika Serikat akan menggeser pasokan asal Timur Tengah memasok kebutuhan dalam negeri pada 2017. AS akan memasok kebutuhan elpiji Indonesia lebih besar daripada sebelumnya.

Advertisement

Senior Vice President Integrated Supply Chain Pertamina (ISC), Daniel S Purba, mengatakan saat ini kebutuhan LPG masih tergantung dengan pasokan dari luar negeri.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), konsumsi LPG pada 2016 sebesar 6,67 juta ton. Adapun, 66,3% di antaranya yakni 4,42 juta ton berasal diimpor dan sisanya, 33,7% atau 2,24 juta ton dipasok dari dalam negeri.

Pasokan LPG dari Amerika Serikat diperkirakan akan menggeser pasokan LPG dari Timur Tengah yang kini mengambil porsi sekitar 90% atau sekitar 4,1 juta ton.

Advertisement

LPG dari Amerika Serikat, ujar Daniel, sebenarnya telah memasok kebutuhan dalam negeri. Namun, kontribusinya hanya sebesar 3% atau sekitar 130.000 ton yakni lebih besar dari pasokan dari Asia, Afrika dan Australia dari total impor.

Naiknya volume pasokan LPG dari Negara Paman Sam, menurut Daniel, karena beroperasinya Kanal Panama yang memangkas waktu pengiriman dari 1,5 bulan menjadi tiga bulan untuk sampai ke kawasan Asia Pasifik. Kendati demikian, Daniel belum bisa menyebut volume pasti dari pasokan LPG dari Amerika Serikat.

“Enggak bisa diperkirakan. Yang pasti dari sisi persentase, [pasokan dari] Timur Tengah mengecil diganti LPG AS. Besarnya berapa? Tergantung market,” ujarnya di sela acara LPG Forum, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Harga Elpiji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif