Sport
Rabu, 11 Januari 2017 - 20:00 WIB

Ini Alasan Presiden FIFA Tambah Kuota Peserta Piala Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino. (JIBI/REUTERS/Arnd Wiegmann)

Piala Dunia 2026 bakal diikuti 48 peserta.

Solopos.com, ZURICH – FIFA telah memutuskan untuk menambah kuota peserta Piala Dunia pada 2026 mendatang. Presiden FIFA, Gianni Infantino, memiliki alasan tersendiri mengapa keputusan itu dibuat.

Advertisement

Seperti diketahui, dalam beberapa edisi terakhir, Piala Dunia diikuti oleh 32 peserta yang terbagi ke dalam delapan grup. Namun pada 2026 mendatang akan ada 48 tim yang turut andil dalam ajang empat tahunan itu. Menurut Infantino, penambahan perserta itu akan memungkinkan sejumlah negara kecil untuk bermimpi.

“Kita harus membentuk Piala Dunia abad ke-21, sepak bola bukan sekadar Eropa dan Amerika Selatan. Dengan format baru ini, lebih banyak negara akan memiliki kesempatan untuk bermimpi,” kata Infantino seperti dikutip dari Antaranews, Rabu (11/1/2017).

Sebanyak 48 peserta di Piala Dunia 2026 itu akan dibagi ke dalam 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Yang lebih penting lagi, turnamen tersebut akan dimainkan dalam kurun waktu yang sama seperti sebelumnya saat masih menggunakan format 32 tim.

Advertisement

Infantino menekankan hal itu penting karena ada keengganan untuk memperpanjang turnamen. “Format baru ini membawa manfaat tanpa sisi negatif. Setiap pertandingan akan menentukan,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif