Teknologi
Senin, 9 Januari 2017 - 22:00 WIB

Tips Ini Cocok Bagi Anda yang Bingung Pilih Smartphone

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi smartphone (JIBI/Dok)

Tips kali ini cocok bagi Anda yang kebingungan memilih smartphone.

Solopos.com, SOLO – Keberadaan ponsel pintar alias smartphone di era modern seperti saat ini merupakan hal yang tak dapat dihindari. Pasalnya, kebutuhan masyarakat akan informasi yang kian meningkat membuat smartphone menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Advertisement

Tak heran, jika saat ini berbagai merek smartphone dijual bebas di pasaran, mulai dari gerai biasa hingga toko smartphone online.  Sayangnya, faktor banyaknya pilihan itu kerap menimbulkan rasa bimbang kepada seseorang untuk menentukan pilihan sebelum membeli smartphone.

Tapi, mulai sekarang Anda tak perlu merasa khawatir. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih smartphone yang dihimpun Solopos.com dari laman Lifewire, Kamis (5/1/2017):

Advertisement

Tapi, mulai sekarang Anda tak perlu merasa khawatir. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih smartphone yang dihimpun Solopos.com dari laman Lifewire, Kamis (5/1/2017):

Sistem operasi

Ada empat macam sistem operasi mobile yang sangat akrab di telinga masyarakat, yakni Android, Blackberry, Windows Phone, dan iOS. Masing-masing sistem operasi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat ini, Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak diproduksi oleh perusahaan smartphone. Tak heran, hal itu membuat produk smartphone android dijual dengan harga relatif murah yang menjadikannya laris manis di pasaran.

Advertisement

Sebab, saat ini beberapa produsen smartphone Android telah meningkatkan kualitas sistem operasi mereka dengan memunculkan beberapa tingkatan, seperti KitKat, Lollipop, Mashmallow, dan Nougat. Anda tentu bisa memilih smartphone dengan Sistem Operasi Android tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan perangkat menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli smartphone. Sebab, smartphone yang bagus tentunya didukung dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dari sisi penyimpanan, yakni memori internal, Random Access Memory (RAM), serta slot microSD. Memori internal dan RAM berfungsi untuk menyimpan data dalam smartphone. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula smartphone memproses sebuah informasi.

Advertisement

Fitur

Sebaiknya pilihlah fitur smartphone yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pilihlah smartphone dengan ukuran yang pas digenggam. Pasalnya, beberapa produk smartphone saaat ini dibuat dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Ukuran layar smartphone tentu mempengaruhi resolusi gambar yang ditampilkan.

Tak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas kamera yang ada pada smartphone. Jika Anda gemar melakukan selfie, maka pilihlah smartphone dengan kualitas kamera depan terbaik. Selain itu, pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar. Sebab, Anda tentu akan merasa jengkel ketika ponsel pintar tersebut tiba-tiba mati di saat yang genting bukan?

Advertisement

Merek dan Harga

Merek dan harga merupakan dua hal yang kerap menjadi pertimbangan penting bagi seseorang ketika hendak membeli smartphone. Sebab, biasanya beberapa smartphone dengan merek tertentu yang diklaim memiliki kualitas baik dijual dengan harga yang cukup fantastis. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan hanya memilih smartphone hanya karena mereknya. Pertimbangkan pula beberapa aspek di atas dengan daya beli Anda.

Nah, kini Anda tak perlu repot mendatangi gerai handphone jika hendak membeli smartphone kualitas terbaik. Semua informasi dan produk smartphone yang dibutuhkan bisa Anda lihat di situs jual beli online Tokopedia. Tak hanya menjual smartphone online, Anda juga bisa cek harga laptop di situs e-commerce terbesar di Indonesia itu. Tunggu apalagi, segera kunjungi Tokopedia, jual beli online yang aman dan nyaman, hanya di Tokopedia. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif