News
Senin, 9 Januari 2017 - 14:10 WIB

KISAH UNIK : Kasus Drone Tabrak Moncong Pesawat Petama dalam Sejarah

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat diduga ditabrak drone (Avherald)

Kisah unik kali ini membahas kecelakaan yang diduga melibatkan sebuah drone.

Solopos.com, MAPUTO – Kecelakan ringan menimpa pesawat Boeing 737-700 penerbangan TM136 yang akan mendarat di bandara Maputo, Mozambik. Pesawat tersebut diduga ditabrak pesawat tanpa awak yang biasa disebut dengan drone. Dampak kecelakaan itu membuat hidung pesawat robek.

Advertisement

Dilansir Mirror, Jumat (6/1/2017), pesawat tersebut merupakan milik maskapai Linhas Aereas de Mocambique (LAM), pesawat tersebut membawa 80 penumpang dan enam kru. Dikonfirmasi Airlive.net, kecelakaan terjadi pada Kamis (5/1/2017) waktu setempat, tidak ada korban jiwa dan pesawat berhasil mendarat dengan normal.

Kru mendengar dentuman keras, hal itu menimbulkan dugaan pesawat baru saja kontak dengan benda asing,” tulis juru bicara LAM melalui fanpage Facebook LAM – Linhas Aéreas de Moçambique.

Efek tabrakan merusak hidung pesawat (Avherald)

Advertisement

Dikutip Solopos.com, dari USAToday, Minggu (8/1/2017), penyelidikan tentang kecelakaan ini sedang dilakukan. Jika nantinya bisa dipastikan benda yang menabrak pesawat itu adalah drone, maka kecelakaan ini adalah yang pertama terjadi di dunia. Meskipun sudah banyak laporan mengenai drone yang terlihat terbang terlalu dekat dengan pesawat, namun belum ada peristiwa kecelakaan serupa.

Meski demikian, aliansi produsen drone memperlakukan laporan ini dengan serius. “Kami [aliansi produsen drone] menganggap laporan ini sangat serius, dan anggota kami mendukung sepenuhnya penyelidikan,” ungkap juru bicara aliansi produsen drone seperti dikutip USAToday. Tak hanya mendukung penyelidikan, aliansi tersebut juga sedang dalam proses pengembangan fitur terbaru untuk drone sehingga yang diklaim bisa mengurangi kemungkinan tabrakan.

Perlu diketahui, meski berukuran kecil, tabrakan dengan drone dianggap sama bahayanya jika pesawat menabrak burung. Nahasnya, hal itu bisa membuat mesin pesawat mati atau beberapa fitur pesawat tidak berfungsi, dalam kata lain membahayakan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif