News
Senin, 9 Januari 2017 - 21:00 WIB

Gempa 5,5 SR Goyang Padang Hingga Bengkulu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Gempa 5,5 SR menggoyang Padang, Sumatra Barat.

Solopos.com, JAKARTA — Bencana gempa bumi dengan kekuatan sebesar 5,5 Skala Richter (SR) terjadi di Padang, Sumatra Barat, Senin (9/1/2017) malam. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menegaskan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Advertisement

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 km dengan pusat gempa 64 Km barat laut Pesisir Selatan atau 83 Km barat daya Kota Padang, Sumatra Barat.

“Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Sutopo seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (9/1/2017).

Menurut dia, posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Gempa dirasakan keras di Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Muko-Muko, Bengkulu.

Advertisement

Di Muko-muko, gempa dirasakan mengayun secara horizontal selama 5-10 detik. Masyarakat pun panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan.

Gempa juga dirasakan ringan hingga sedang di Solok, Pariaman, Padang Pariaman. Selanjutnya, gempa susulan dengan intensitas ringan dirasakan oleh masyarakat.

Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan. Kondisi masyarakat saat ini normal kembali.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif