News
Senin, 9 Januari 2017 - 23:00 WIB

Dandim Lebak Dicopot Buntut Latihan FPI, Ini Penjelasan Istana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Akun @dpp_fpi mengunggah foto latihan bela negara di Lebak, Banten. (Istagram)

Dandim Lebak dicopot menyusul terungkapnya pelatihan bela negara untuk FPI. Istana pun angkat bicara.

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Kabinet Pramono Anung memaparkan pencopotan Komandan Distrik Militer (Dandim) Lebak Letkol Czi Ubaidillah karena telah memberikan pelatihan bela negara kepada Front Pembela Islam (FPI).

Advertisement

Pramono mengaku telah berkomunikasi secara langsung dengan Pangdam Siliwangi Mayjen TNI M Herindra. Dari percakapan tersebut, Pangdam Siliwangi mengatakan yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut adalah komandan rayon militer (danramil) setempat. Namun, danramil tersebut melaporkan kepada dandim setempat.

“Jadi dandimnya dicopot, diganti. Sehingga dengan demikian, persoalan ini tentunya menjadi pelajaran, pengalaman berharga bagi siapapun yang ingin mengadakan acara-acara seperti itu,” kata Pramono di kantornya, Senin (9/1/2017) sore.

Seskab menjelaskan Presiden telah memutuskan bahwa segala sesuai yang berkaitan dengan bela negara akan dirumuskan oleh Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas). Sehingga, tuturnya, tidak akan ada lagi overlapping bagi pelaksanaan bela negara.

Advertisement

“Tugas bela negara nanti akan diatur oleh Wantannas. Mengenai siapa dan bagaimana pengaturan, karena sekarang ini baru diputuskan dan Perpresnya sudah dipersiapkan untuk bela negara, itu menjadi domainnya Wantannas. Jadi nanti Wantannas yang akan menjawab itu,” terang Pramono.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif