Teknologi
Senin, 9 Januari 2017 - 00:00 WIB

ALQURAN & SAINS : Penjelasan Alquran Tentang Air Susu Ibu Terbukti Secara Ilmiah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibu menyusui (JIBI/Harian Jogja)

Alquran & Sains kali ini tentang air susu ibu.

Solopos.com, JAKARTA — Alquran telah menjelaskan manfaat air susu ibu (ASI). ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi. Dengan mengonsumsi air susu ibu, maka bayi bisa memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik untuk mencegah penyakit.

Advertisement

Diambil dari berbagai sumber, sebagaimana dikutip Okezone, Minggu (8/1/2017),  air susu ibu memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindungi dari kemungkinan infeksi. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik.

Air susu ibu juga kaya akan nutrisi yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan syaraf. Makanan bayi dengan proses paling canggih saat ini tidak bisa menggantikan air susu ibu.

Setiap hari kabarnya ditemukan satu manfaat baru dari air susu ibu untuk bayi. Fakta yang ditemukan dalam ilmu pengetahuan bahwa menyusui bayi selama dua tahun setelah kelahiran bisa sangat bermanfaat.

UNICEF bahkan mengimbau ibu untuk menyusui bayinya selama dua tahun. Hal ini dilakukan demi kesehatan anak yang lebih baik.

Advertisement

Allah berfirman dalam salah satu ayat-Nya sekira 14 abad lalu, yang kini diketahui melalui ilmu pengetahuan. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu,” bunyi Surah Luqman Ayat 14.

ASI di tahun kedua banyak mengandung nutrisi. Setiap 448 ml ASI, memenuhi kebutuhan 9 persen dari kebutuhan energi anak, 43 persen kebutuhan protein, 36 persen kebutuhan kalsium,75 persen kebutuhan vitamin A, 76 persen kebutuhan asam folat, 94 persen kebutuhan vitamin B12 serta 60 persen kebutuhan vitamin C.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif