Soloraya
Minggu, 8 Januari 2017 - 20:40 WIB

KISAH UNIK : Sapi Milik Warga Wonogiri Ini Miliki Kelamin Ganda

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sapi berkelamin ganda milik warga Kopek RT 002 RW 003, Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri, Tukijan. Foto diambil Minggu (8/1/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Kisah unik dialami seorang warga Ngadirojo, Wonogiri, yang mendapati sapinya berkelamin ganda.

Solopos.com, WONOGIRI — Sapi milik Tukijan, warga Kopek, RT 002/RW 003, Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri, ini mendadak tenar saat fotonya muncul di grup Facebook Info Wonogiri, Jumat (6/1/2017).

Advertisement

Foto itu diunggah Surya Adhitya Oka Argintowo, tetangga Tukijan. Dia melihat keanehan pada sapi milik Tukijan yang berkelamin ganda kemudian memotretnya dan mengunggah di grup Facebook tersebut.

Sapi itu belum diberi nama. “Lahire pas gerhana matahari, ta? Jenengke Gerhana wae [Lahirnya saat gerhana matahari, kan? Namakan saja gerhana],” celetuk salah satu warga Kopek RT 002 RW 003, Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri, yang ikut menonton sapi tersebut saat Solopos.com menyambangi rumah Tukijan, Minggu (8/1/2017).

Umumnya, seekor binatang memiliki satu kelamin saja. Namun, sapi berwana cokelat dengan loreng hitam seperti loreng macan itu memiliki penis dan vagina sekaligus dan memiliki puting susu.

Advertisement

Tukijan sudah menyadari keanehan pada sapinya itu sejak sapi itu lahir, namun baru diketahui warga sekitar dan menjadi bahan perbincangan beberapa hari ini. “Ini anak pertama dari indukan sapi saya, hasil dari suntik. Saat berkunjung kesini beberapa waktu yang lalu, mantri hewan yang menyuntik sapi saya juga terheran-heran kenapa sapi itu bisa memiliki kelamin ganda. Indukannya melahirkan sapi ini dengan normal, tak membutuhkan pertolongan saat melahirkan. Sperma yang disuntikkan ke indukan juga termasuk bibit yang bagus,” terang dia kepada Solopos.com, Minggu.

Keunikan lainnya, kedua kelamin sapi itu mengeluarkan air seni saat kencing. Tukijan juga belum pernah melaporkan keunikan sapinya tersebut ke Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri.

“Kebetulan belum ada yang menawar. Kalau ada yang menawar dengan harga tinggi, saya juga pikir-pikir untuk melepasnya [menjualnya],” canda dia.

Advertisement

Tak hanya sapi milik Tukijan yang memiliki keanehan, dua kambing jantan milik Suwardi, tetangga Tukijan, juga memiliki keunikan. Dua kambing jantan itu tidak punya testis, hanya penis. “Pejantannya dulu juga begini. Tidak ada testisnya. Mungkin karena faktor keturunan,” kata Suwardi kepada Solopos.com.

Terpisah, Kepala Disnakperla Wonogiri, Rully Pramono Retno, mengatakan sapi tersebut termasuk dalam kategori cacat fisik. “Bukan karena mutasi genetik. Mungkin karena pakan indukannya yang kurang bergizi dan kurang berprotein sehingga anaknya jadi seperti itu,” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Dia tidak memungkiri adanya kecacatan fisik pada sapi yang lahir di Wonogiri. “Namun jumlahnya sangat kecil. Dalam satu sampai dua tahun, paling hanya ditemukan satu kasus sapi yang memiliki kecacatan fisik,” sambungnya.

Ihwal kambing yang tidak memiliki testis seperti kambing milik Suwardi, Rully mengatakan hal tersebut merupakan hal tersebut bukan merupakan kecacatan. “Itu testisnya ada, tapi di dalam. Enggak bisa keluar. Itu biasanya karena faktor keturunan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif