News
Selasa, 3 Januari 2017 - 23:30 WIB

KISAH UNIK : Sekolah Ini Wajibkan Siswa Pakai Topi Koran saat Ujian

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Potret para siswa di Kota Chuzhou, Anhui, Tiongkok saat menjalani ujian (Asiaone.com)

Kisah unik kali ini tentang sekolah yang mewajibkan para siswa memakai topi dari koran bekas saat ujian.

Solopos.com, CHUZHOU – Selama ini berbagai media masa kerap memberitakan praktik kecurangan yang dilakukan siswa saat ujian berlangsung. Hal itu menuntut pihak sekolah memikirkan cara terbaik guna mencegah siswanya menyontek.

Advertisement

Sebuah sekolah menengah atas (SMA) di Kota Shuzhou, Anhui, Tiongkok menerapkan cara unik menghentikan praktik kecurangan yang kerap dilakukan siswa saat ujian. Pihak sekolah meminta siswa mengenakan selembar koran bekas yang dilubangi sebesar kepala untuk dipakai layaknya topi.

Pihak sekolah beranggapan hal tersebut merupakan cara paling jitu untuk meminimalisir siswa yang menyontek. Topi tersebut akan menutupi pandangan di sekeliling mereka. Cara unik itu juga memudahkan pengawas yang berada di ruang ujian untuk menemukan siswa yang hendak menyontek.

Dikabarkan Asia One, Selasa (3/1/2016), beberapa foto yang memperlihatkan potret siswa saat melakoni ujian di sekolah tersebut tersebar di sosial media. Foto itu menuai beragam respons dari peselancar dunia maya (netizen).

Advertisement

Beberapa netizen menyetujui cara yang dilakukan sekolah itu untuk menghentikan praktik menyontek yang kerap dilakukan siswa. Sementara netizen lainnya menganggap cara itu konyol dan merendahkan martabat siswa. Kendati menuai pro-kontra, pihak sekolah bersikukuh tetap menjalankan aturan tersebut bagi para siswanya. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif