Lifestyle
Jumat, 16 Desember 2016 - 08:30 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Tahu, Makanan Murah Kaya Nutrisi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tahu putih (Cookdiary.net)

Tips hidup sehat membahas tentang manfaat tahu, makanan murah tapi kaya nutrisi.

Solopos.com, SOLO – Tahu banyak dijual di pasar hingga supermarket di Indonesia. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat makanan ini digemari banyak orang, khususnya Indonesia. Produk olahan kedelai ini juga diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan cocok dimakan oleh seseorang yang menjalani program diet.

Advertisement

Tahu kaya akan protein, mineral, serta kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa sajakah manfaat yang diperoleh dari menonsumsi tahu? Simak uraian yang dihimpun Solopos.com dari laman The Health Sites, Kamis (15/12/2016), berikut ini:

Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi tahu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tahu mengandung selenium, mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tahu juga kaya akan isoflavon yang membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Menjaga kesehatan tulang
Tahu kaya akan berbagai mineral, seperti seng, tembaga, relenium, dan mangan yang diibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, tahu mengandung kalsium yang berperan penting melawan proses pengeroposan tulang. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi risiko osteoporosis dan arthritis.

Advertisement

Mencegah anemia
Kandungan zat besi dan tembaga pada tahu bermanfaat memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin yang mengurangi risiko seseorang terkena gejala anemia.

Memperlambat proses penuaan
Tahu dapat memperlambat proses penuaan dengan menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan kerutan. Kandungan isoflavon dalam tahu memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, tahu juga mengandung kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari dan polusi udara.

Mencegah kerontokan rambut
Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mencegah kerontokan rambut. Tahu mengandung protein yang dapat menutrisi pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat.

Advertisement

Cocok sebagai menu diet
Tahu merupakan salah satu makanan kaya nutrisi namun rendah kalori yang cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet. Meski rendah kalori, mengonsumsi tahu diklaim mampu membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif