Sport
Jumat, 9 Desember 2016 - 23:00 WIB

OSASUNA VS BARCELONA : Misi Menang Barca Tanpa Neymar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Barcelona (JIBI/Solopos/Reuters/Albert Gea)

Osasuna vs Barcelona bakal tersaji di Liga Spanyol.

Solopos.com, PAMPLONA — Barcelona menjalani misi wajib menang saat melawat ke kandang Osasuna di Stadion El Sadar, Sabtu (10/12/2016). Meski tanpa Neymar yang masih cedera, Barca tetap diunggulkan menang besar di kandang lawan.

Advertisement

Skuat Osasuna dan Barcelona memang bagai bumi dan langit. Musim ini Los Rojillos, julukan Osasuna, bahkan terpuruk di juru kunci dengan hanya mengumpulkan tujuh poin dari 14 laga. Oriol Riera dkk. juga kalah beruntun di empat pertandingan terbaru. Osasuna bisa menjadi sasaran empuk Barca yang butuh tiga poin untuk menipiskan jarak dengan Real Madrid di puncak klasemen.

Blaugrana, julukan Barca, sepertinya tak perlu risau dengan absennya Neymar. Sang pengganti, Arda Turan, tampil moncer dengan mencetak hattrick saat mengalahkan Borussia Monchengladbach 4-0 di Liga Champions beberapa hari lalu. Gelandang Andres Iniesta juga diprediksi sudah bisa tampil 90 menit.

Di laga melawan Real Madrid pekan lalu, Iniesta turun dari bangku cadangan menggantikan Ivan Rakitic. Meski hanya bermain 30 menit, sang playmaker membukukan 96% umpan sukses dan mengkreasi dua peluang ke gawang lawan. Kehadiran Iniesta tentu bakal menambah variasi serangan Blaugrana di El Sadar.

Advertisement

Absennya Iniesta selama lima pekan bisa dibilang membuat Barca seperti kehabisan ide. Lionel Messi dkk. bahkan dianggap tampil dibawah standar saat ditahan Malaga dan Sociedad. Tim asuhan Luis Enrique itu bahkan seperti kehilangan identitas ketika tampil minus Iniesta. Namun hal tersebut dibantah oleh sang playmaker.

“Saya tidak berpikir permainan tim berbeda jauh ketika saya tidak bermain,” ujar Iniesta seperti dilansir Marca, Kamis (8/12/2016).

Neymar juga menegaskan timnya tak sedikitpun mengubah filosofi bermain di bawah Enrique. Menurut Neymar, kondisi Barca yang kini sering kesulitan saat melawan tim medioker bukan karena perubahan pendekatan bermain. “Kadang Anda ingin mencetak gol dan Anda tidak bisa melakukannya. Anda mengumpan dan gagal, inilah sepak bola. Anda tidak bisa terus 100%,” ujarnya.

Advertisement

Laga melawan Osasuna tentu bisa dimanfaatkan Barca untuk meraih lebih dari sekadar tiga poin. Blaugrana butuh menang besar untuk mengembalikan kepercayaan diri di Liga Primera. Merujuk pertemuan terakhir, Barca sukses meremukkan Osasuna 7-0 di Camp Nou.

Namun Barca pernah ditahan imbang 0-0 dalam lawatan terakhirnya ke El Sadar. Hal ini tentu wajib diwaspadai karena Barca juga baru saja mencatat imbang tiga kali beruntun di Liga Primera.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif