Sport
Rabu, 7 Desember 2016 - 10:30 WIB

PREDIKSI REAL MADRID VS DORTMUND : Duel Penentu Juara Grup

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund vs Real Madrid (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Real Madrid vs Dortmund tersaji di Liga Champions.

Solopos.com, MADRID — Siapa yang lebih pantas bertakhta di klasemen akhir Grup F Liga Champions musim ini? Real Madrid atau Borussia Dortmund? Itu akan terjawab ketika kedua tim bertemu di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (8/12/2016) pukul 02.45 WIB.

Advertisement

Madrid dan Dortmund telah memastikan diri sebagai wakil dari Grup F yang lolos ke babak 16 besar. Namun duel penutup Grup F di santiago Bernabeu tetap akan sengit karena kedua tim terlibat langsung dalam perebutan gelar juara Grup F, yang bakal memengaruhi posisi mereka dalam undian babak 16 besar nanti.

Madrid yang tertinggal dua poin dari Dortmund tidak ingin menuntaskan fase Grup F sebagai alas kaki wakil Jerman tersebut. Oleh karena itu, Cristiano Ronaldo dkk. harus mengalahkan tamu mereka dalam duel di Bernabeu, dini hari WIB nanti.

Dalam tiga musim sebelumnya, Madrid selalu keluar sebagai juara grup. Dua musim di antaranya, yakni 2015/2016 dan 2013/2014, mereka tuntaskan sebagai juara di liga paling glamor di Eropa tersebut. Kali terakhir Sergio Ramos cs. gagal menjadi juara grup yakni 2012/2013.

Advertisement

Celakanya, saat itu Dortmund lah yang menggagalkan Madrid finis di puncak klasemen grup. Madrid tertinggal tiga poin dari Die Borussen, julukan Dortmund, yang mengoleksi 14 poin dalam enam pertandingan ketika masih dalam besutan pelatih Jurgen Klopp.

Madrid menyambut Dortmund dengan bekal tren tak terkalahkan dalam 33 pertandingan dengan mendulang 93 gol dan hanya kebobolan 30 gol sejak April 2016. Meski masih tidak diperkuat Gareth Bale dan Toni Kroos yang cedera, pasukan Zinedine Zidane mampu menahan imbang 1-1 musuh bebuyutan mereka, Barcelona, pada Liga Primera. Mampukah anak buah Zidane meneruskan rekor itu ketika menjamu Dortmund?

“Ya saya pikir demikian, dengan kualitas tinggi dan para pemain kelas dunia, jika kami bermain layaknya sebuah tim, kami akan menempatkan semua pada trek yang benar, lalu berjuang, itu akan menjadikan [lawan] sangat, sangat, sulit mengalahkan kami,” jelas gelandang Madrid, Luka Modric, seperti dilansir Marca, Selasa (6/12/2016).

Advertisement

Namun Dortmund tidak akan tinggal diam di Bernabeu. Tim polesan Thomas Tuchel itu tak hanya mengusung misi mempertahankan puncak klasemen Grup F hingga laga penutup. Marco Reus cs. juga mengincar rekor 20 gol pada putaran grup Liga Champions musim ini. Sejauh ini, Die Borussen hanya perlu satu gol lagi untuk menyamai rekor yang pernah dicatat Madrid pada 2013/2014, Barcelona pada 2011/2012, serta Manchester United pada 1998/1999 tersebut.

Dortmund membawa tiga senjata mematikan di lini depan untuk mewujudkan misi itu di Bernabeu, yakni Reus, Ousmane Dembele, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Setelah sembuh dari cedera panjang selama berbulan-bulan, Reus menyokong dua gol ketika Dortmund menghancurkan Legia Warsawa 8-0 yang menjadi rekor skor terbesar dalam sejarah Liga Champions.

Penyerang yang dijuluki Woody, karena gaya rambutnya yang mirip tokoh kartun Woody Woodpecker, itu juga menyokong tiga assist ketika Dortmund menundukkan Borussia Monchengladbach 4-1 di Bundesliga, Sabtu. Tapi Madrid tak perlu berkecil hati karena Dortmund memiliki kelemahan di barisan pertahanan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif