Sport
Selasa, 6 Desember 2016 - 22:30 WIB

LIGA CHAMPIONS : Atletico Kejar Kesempurnaan, Messi Buru Rekor Ronaldo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Atletico Madrid merayakan gol. (Reuters / Paul Hanna)

Liga Champions memasuki laga terakhir fase grup.

Solopos.com, MUNICH — Pertandingan penutup Grup C dan Grup D di Liga Champion sudah tidak menentukan kelolosan ke babak 16 besar. Sebab kuota masing-masing grup ke fase knock-out sudah terisi. Bahkan, siapakah juara dan runner-up grup sudah bisa dipastikan sebelumnya.

Advertisement

Di Grup C, Barcelona dan Manchester City memastikan lolos ke babak selanjutnya, masing-masing sebagai juara grup dan runner-up grup. Sementara Atletico Madrid dan Bayern Munich dipastikan sebagai juara grup dan runner-up grup yang mewakili Grup D untuk lolos ke fase knock-out. Meski demikian, masih ada ambisi bagi beberapa tim untuk memenangi laga penutup masing-masing di grup tersebut.

Atletico akan berusaha merebut poin maksimal meski turun di kandang Bayern, Allianz Arena, Rabu (7/12/2016) pukul 02.45 WIB, demi meneruskan rekor sempurna mereka selama fase grup. Dalam lima pertandingan sebelumnya, tim yang diarsiteki Diego Simeone tersebut selalu mencatat kemenangan.

Jika berhasil menekuk Bayern, Atleti akan masuk daftar klub yang pernah mencatatkan rekor sempurna di fase grup dengan mendulang poin maksimal (18 poin dalam enam laga). Los Rojiblancos, julukan lain Atletico, akan mengikuti jejak rival sekota mereka, Real Madrid yang pernah dua kali menyampu fase grup dengan sempurna pada 2011/2012 dan 2014/2015.

Advertisement

Selain Real Madrid, masih ada empat tim lain yang menorehkan catatan milestrone itu, yakni AC Milan pada 1992/1993, Paris Saint-Germain (PSG) pada 1994/1995), Spartak Moskow pada 1995/1996, dan Barcelona pada 2002/2003. Tapi ironisnya, tidak ada satu pun dari tim-tim tersebut yang menuntaskan musim itu dengan meraih Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions.

Sementara itu, bintang Barcelona, Lionel Messi, mengusung misi pribadi ketika timnya menjamu Monchengladbach pada partai penutup Grup C, di Camp Nou, Barcelona, Rabu dini hari WIB. Messi hanya perlu dua gol lagi untuk menyamai rekor seterunya dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang pernah mendulang rekor 11 gol pada fase grup Liga Champions musim lalu. Sejauh ini, Messi telah mengoleksi sembilan gol, termasuk hat-trick ke gawang Celtic, November 2016 kemarin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif