Soloraya
Jumat, 2 Desember 2016 - 17:15 WIB

BENCANA WONOGIRI : Banjir dan Tanah Longsor Melanda, 7 Keluarga di Giriwoyo Terisolasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Banjir melanda wilayah Girikikis, Giriwoyo, Wonogiri, Jumat (2/12/2016). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Bencana Wonogiri berupa banjir dan tanah longsor terjadi di Giriwoyo dan Selogiri.

Solopos.com, WONOGIRI – Tujuh rumah warga Girikikis, Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, terisolasi banjir, Jumat (2/12/2016), setelah hujan melanda kawasan tersebut lebih dari lima jam. Sedangkan dua rumah warga Tukulrejo dan Bumiharjo tertimpa longsoran tanah.

Advertisement

Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan genangan terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sehingga terjadi luapan dari luweng setempat. Dampak yang ditimbulkan dari kondisi tersebut yaitu terendamnya beberapa lahan pertanian warga.

Selain itu warga yang tinggal di tujuh rumah terisolasi akibat jalan menuju rumah-rumah tersebut tergenang air. “Terdapat 20 jiwa yang tinggal di tujuh rumah itu. Pada peristiwa tersebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa,” kata dia, Jumat.

Bambang mengatakan saat ini upaya penanganan yang telah dilakukan adalah mengevakuasi warga terdampak dan menyalurkan bantuan logistik.

Advertisement

Hujan yang turun di wilayah Giriwoyo juga memicu terjadinya tanah longsor di dua lokasi, yakni di Pengkol, Tukulrejo, Giriwoyo dan di Semberingin, Bumiharjo, Giriwoyo. Material longsoran tanah menimpa halaman rumah warga. “Tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Peristiwa terjadi sekitar pukul 04.35 WIB,” kata dia.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 05.00 WIB, terjadi hujan disertai angin kencang di wilayah Gemutren, Pule, Selogiri. Satu pohon jati berdiameter 80 sentimeter roboh dan menimpa rumah milik salah satu warga RT 005/RW 005.

Sementara itu pada Kamis (1/12/2016) petang, talut jalan di RT 005/RW 003, Beran, Kepatihan, Selogiri, longsor. Kondisi tersebut menyebabkan badan jalan kampung ikut tergerus dan longsor. Panjang talut yang longsor sekitar 10 meter dengan ketinggian 2,5 meter.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif