Soloraya
Sabtu, 12 November 2016 - 14:15 WIB

ASAL USUL : Gua Putri Kencana Wonogiri Dipercaya Tempat Tinggal Putri

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang warga berada di mulut Gua Putri Kencana, Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Asal Usul penamaan Gua Putri Kencana karena dipercaya menjadi tempat tinggal putri.

Solopos.com, WONOGIRI – Pracimantoro menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Wonogiri yang memiliki potensi wisata alam berupa sejumlah gua. Salah satunya adalah Gua Putri Kencana yang berada di Desa Wonodadi, Pracimantoro.

Advertisement

Nama Putri Kencana untuk gua tersebut ternyata memiliki cerita tersendiri. Masyarakat di sekitar gua percaya gua yang berada di salah satu bukit tak jauh dari kantor kepala desa itu merupakan tempat tinggal dari seorang putri bernama Putri Kencana.

Menurut petugas penjaga Gua Putri Kencana, Darmadi, nama Gua Putri Kencana ditetapkan pada 22 Januari 1991 lalu. Pemberian nama tersebut telah melalui kesepakatan dari sejumlah tokoh masyarakat dan sesepuh setempat.

Dia mengatakan pemberian nama tersebut didasarkan pengalaman sejumlah warga yang mengaku melihat sesosok putri di gua tersebut yang bernama Putri Kencana. “Jadi cerita itu tidak asal-asalan. Itu benar-benar dari pengalaman warga,” kata dia kepada

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif