Otomotif
Minggu, 23 Oktober 2016 - 10:00 WIB

TIPS OTOMOTIF : Penting! Lakukan 5 Ini Sebelum Beli Mobil Bekas

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa mobil bekas (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips otomotif kali ini mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas.

Solopos.com, SOLO – Mobil bekas menjadi incaran orang yang menginginkan merek tertentu dengan harga yang lebih ramah di kantong. Sayangnya, tak semua mobil dapat dipakai sebagaimana mestinya.

Advertisement

Membeli mobil bekas butuh kejelian dan pengetahuan tentang kondisi kendaraan. Hal ini untuk menghindari mobil yang kita incar ternyata cacat lantaran bekas mengalami kecelakaan, terendam banjir, atau lainnya.

Karena itu teliti sebelum membeli mobil bekas penting dilakukan. Calon pembeli harus belajar memahami bagian-bagian yang harus diperiksa.

Advertisement

Karena itu teliti sebelum membeli mobil bekas penting dilakukan. Calon pembeli harus belajar memahami bagian-bagian yang harus diperiksa.

Seperti dilansir Okezone, Jumat (21/10/2016), begini tips memilih mobil bekas;

Cek Harga Lewat Toko Online

Advertisement

Periksa Mesin dengan Teliti

Cek kondisi mesin bisa dilakukan dengan mendengarkan suaranya, masih halus atau timbul bunyi-bunyian. Kondisi mesin juga bisa diketahui lewat angka kilometer pada odometer untuk mengetahui sesering apa mobil dipakai. Tanya juga riwayat perjalanan mobil ke pemilik, seperti paling jauh pernah dibawa kemana, dan lainnya. Calon pembeli juga bisa membawa teman yang memahami mesin atau mekanik bengkel untuk mendapatkan gambaran mengenai mesin.

Jangan Bekas Tabrakan

Advertisement

Jangan tertipu membeli mobil bekas tabrakan. Cara mudah untuk mengetahui mobil yang pernah terlibat kecelakaan adalah dengan memeriksa lekuk bodi dan garis sambungan. Mobil yang sudah diperbaiki tidak akan bisa sesempurna sambungan yang dibuat dari pabrik. Cara lainnya adalah dengan melihat kondisi cat, karena mobil bekas tabrakan meski sudah dicat ulang warnanya akan berbeda dengan warna orisinalnya.

Mobil bekas tabrakan juga bisa diketahui dengan memeriksa ruang dan kap mesin. Mobil bekas tabrakan depan biasanya memiliki perbedaan warna, bekas pengecatan tidak rata, atau komponen yang tidak semestinya dicat tetapi terkena semprotan cat. Selain itu, mobil bekas tabrakan parah biasanya membuat kaca dan lampunya pecah. Kaca depan dan lampu yang bukan standar pabrikan bisa diketahui dengan mudah karena proses pemasangannya berbeda, dudukan yang tidak presisi, serta terdapat bekas perekat untuk menempel.

Sesuaikan Dokumen dengan Kondisi Fisik

Advertisement

Cek surat-surat kendaraan. Sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin dengan yang tertera pada BPKB dan STNK. Cek pula ke polisi, apakah pelat mobil tersebut terdaftar atau tidak. Dengan langkah ini, pembeli bisa terhindar dari mobil curian atau surat-suratnya bermasalah.

Jangan Lewatkan Test Drive

Lakukan test drive. Dengan cara ini bisa diketahui performa mesin, fungsi dari fitur-fitur seperti pendingin udara (AC), audio, dan panel indikator pada mobil.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif