Lifestyle
Kamis, 22 September 2016 - 09:40 WIB

TIPS KESEHATAN : 9 Makanan Ini Bisa Lawan Anemia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bayam (Foto: tips-heatly.com)

Tips kesehatan kali ini tentang sembilan makanann untuk meredakan anemia.

Solopos.com, SOLO — Anemia adalah gangguan darah umum saat jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin dalam darah rendah. Ada beberapa makanan  yang dapat Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh.

Advertisement

Hemoglobin adalah protein yang ada di dalam sel-sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke berbagai penjuru tubuh. Oleh karena itu, penurunan tingkat hemoglobin tentu akan memberikan efek buruk untuk tubuh kita.

Anemia lebih sering terjadi pada wanita dan dapat disebabkan oleh hilangnya darah, penghancuran sel darah dan kekurangan dalam produksi sel darah merah. Salah satu alasan utama untuk anemia adalah kekurangan zat besi, vitamin B12 dan asam folat dalam tubuh, selain gaya hidup yang buruk atau berbagai penyakit lainnya.

Namun, memenangi pertempuran melawan anemia tidak sulit bila Anda makanan berikut. Makanan yang kaya  berbagai vitamin dan sat besi dapat menyembuhkan gangguan tubuh Anda dalam waktu cepat.

Advertisement

Berikut ini sembilan makanan  yang dapat meningkatkan tingkat hemoglobin dan mengurangi anemia sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (20/9/2016):

1. Bayam

Sayuran berdaun seperti bayam sangat membantu dalam memerangi anemia. Kaya sejumlah nutrisi seperti vitamin A, B9, C dan E, zat besi, serat, kalsium dan beta karoten, bayam benar-benar dapat menjadi pusat kekuatan nutrisi tubuh. Bahkan setengah cangkir bayam rebus dapat memenuhi 20%  kebutuhan zat besi tubuh. Termasuk bayam dalam yang ada di salad hijau.

2. Tomat

Advertisement

Vitamin C dalam tomat membantu dalam penyerapan zat besi. Tomat juga memiliki beta-karoten dan vitamin E yang membantu menyehatkan kulit dan rambut. Anda bisa mengonsumsi tomat mentah, jus tomat atau tomat yang dimasak dalam makanan.

3. Delima

Buah Delima merupakan sumber yang kaya zat besi dan vitamin C dan membantu dalam memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh Anda serta meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan menyembuhkan gejala anemia. Jus delima dapat menjadi bagian wajib dari diet harian Anda.

4. Telur

Advertisement

Salah satu bahan makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin harus menyertakan telur. Kaya protein dan antioksidan, telur membantu melestarikan vitamin dalam tubuh bila Anda menderita anemia.

Telur besar mengandung 1 mg zat besi. Makan telur rebus sehari pasti membuat anemia menjauh. Baik itu direbus, direbus setengah matang atau orak-arik bisa menambah sel darah merah.

5. Daging Merah

Daging merah banyak mengandung zat besi yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh kita. Ginjal, jantung dan hati dari daging merah memberikan banyak zat besi dan vitamin B12. 3 ons daging dimasak memberikan 1-2,5 mg zat besi. Makan besi setidaknya dua atau tiga kali sepekan akan membantu mengalahkan anemia.

Advertisement

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah dan merupakan makanan protein tinggi untuk anemia. Penting untuk mempersiapkan kacang kedelai di rumah agar mendapatkan manfaat maksimal. Menjaga kacang kedelai direndam dalam air semalam untuk mengurangi kadar asam fitat, yang mengurangi penyerapan zat besi.

7. Apel

Apel juga membantu dalam meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh Anda. Apel mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

8. Kacang

Makanan lain kaya zat besi adalah selai kacang. Makana ini harus menadi bagian dari diet harian Anda. Bagi mereka yang tidak suka rasa selai kacang, segenggam kacang panggang bisa menjadi alternatif.

Advertisement

Hanya dengan dua sendok makan selai kacang dapat memasok 0,6 mg zat besi. Minum segelas jus jeruk bersama dengan memiliki roti yang mengandung selai kacang membantu dalam penyerapan zat besi.

9. Seafood

Seafood adalah makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Ikan adalah makanan super untuk melawan anemia. Ikan berlemak populer seperti salmon dan tuna serta makanan laut lainnya seperti tiram dan kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Mengonsumsi produk makanan setidaknya tiga kali sepekan dapat membantu Anda menghadapi anemia.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif