Lifestyle
Minggu, 18 September 2016 - 21:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Awas, Terlalu Lama Tidur Siang Tingkatkan Risiko Diabetes

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. Kebiasaan tak merapikan bantal Anda bisa menyebabkan penampilan tampak lebih tua. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips kesehatan menyebutkan terlalu banyak tidur siang justru meningkatkan risiko diabetes.

Solopos.com, SOLO – Tidur siang baik bagi kesehatan. Namun perlu diingat tidur siang tidak disarankan terlalu lama.

Advertisement

Penelitian terbaru menyebutkan tidur siang lebih dari satu jam bisa meningkatkan risiko diabetes tipe dua dan penyakit lainnya sekitar 45 persen. Kendati begitu, peneliti mencatat tidur kurang dari 40 menit tak berhubungan dengan risiko diabetes.

“Ini bisa berarti bahwa, tidur siang terlalu lama bisa menyebabkan diabetes atau penyakit lain adalah benar,” ujar peneliti dari Unit Epidemiologi Kanker dari University of Oxford, Benjamin Cairns, sebagaimana dilansir Antara dari Medical Daily, Minggu (18/9/2016).

Mereka yang menderita diabetes tidak dapat mengatur kadar gula mereka layaknya orang sehat. Penyakit ini berhubungan dengan berat badan berlebih dan gaya hidup. Selain itu, sejumlah faktor seperti diet, usia dan jenis kelamin bisa meningkatkan risiko orang terkena diabetes. Jika tak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung dan kematian dini.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif