Teknologi
Minggu, 18 September 2016 - 10:05 WIB

APLIKASI ANDROID : Awas Virus! Jangan Unduh Aplikasi Pokemon Go Ini

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi android terkena virus (howtogeek.com)

Aplikasi android berkedok panduan Pokemon Go berisi virus trojan.

Solopos.com, SOLO – Perusahaan antivirus komputer Kaspersky Labs mengimbau para pengguna smartphone Android untuk tidak mengunduh dan memasang aplikasi panduan bermain Pokemon Go secara sembarangan.

Advertisement

Kaspersky baru-baru ini mendapati sebuah aplikasi bernama Guide For Pokemon Go New yang ternyata mengandung virus Trojan. Aplikasi itu sempat beredar di toko aplikasi Android Playstore sebelum akhirnya dicopot paksa oleh Google.

Sayangnya langkah Google itu terlambat. Selama beberapa pekan hadir di Playstore, aplikasi berisi virus itu sudah terlanjur diunduh 500.000 kali dan saat ini tercatat telah menginfeksi 6.000 perangkat Android di seluruh dunia.

Kaspersky, seperti dilansir laman Phonearena, Sabtu (17/9/2016), menjelaskan Trojan bekerja dengan merebut paksa akses root untuk menampilkan iklan dan memasang aplikasi berbahaya lainnya tanpa sepengetahuan pemilik smartphone Android.

Advertisement

Kemungkinan terburuk, Android yang terinfeksi Trojan ibaratnya seperti dikuasai orang lain dari kejauhan. Artinya seluruh data penting seperti password, isi email, percakapan SMS, dan chatting yang tersimpan di dalam ponsel menjadi sangat rentan dicuri.

Apabila terlanjur memasang aplikasi Guide For Pokemon Go New yang ternyata berisi Trojan, Kaspersky menyarankan pemilik smartphone Android melakukan factory reset atau install ulang untuk menghapus virus tersebut secara permanen.

Tetapi sebelumnya pastikan sudah mencopot (uninstall) aplikasi tersebut dan lakukan scan terlebih dahulu. Oleh Kaspersky, virus tersebut dideteksi dengan nama Heur:Trojan.AndroidOS.Ztorg.ad.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif