Lifestyle
Selasa, 13 September 2016 - 14:20 WIB

TIPS KESEHATAN : 7 Manfaat Teh Hijau

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips kesehatan mengenai manfaat teh hijau.

Harianjogja.com, JOGJA — Teh hijau matcha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Saking baiknya, sejumlah pakar diet selebritis dan ahli gizi merekomendasikan teh hijau dikonsumsi tiap pagi.

Advertisement

Teh hijau atau populer disebut matcha memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan. Bahkan, minuman ini disebut jauh lebih baik daripada teh atau kopi biasa.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (7/9/2016), teh matcha merupakan tipe teh hijau bubuk. Teh ini merupakan kreasi Jepang dan disebut-sebut sebagai minuman upacara terbaik. Adapun teh hijau dan teh hitam biasa termasuk dalam rumpun yang sama, yakni camellia.

Mayoritas teh hijau dibuat dari penguapan daun camellia. Namun pembuatan matcha terbilang lebih rumit.

Daunnya pun adalah yang terpilih, hanya daun teh muda. Setelah dipetik, daun-daun itu dijemur di bawah matahari yang tak terlalu panas. Tujuannya menjaga klorofil dan nutrisi lain, termasuk asam amino L-theanine. Kemudian, daun ini diuap hingga menjadi lembut dan kering baru ditumbuk menjadi halus. Lalu apa saja manfaatnya?

Obat Awet Muda & Memperkuat Daya Ingat

Ilustrasi otak sehat (JIBI/Dok)

Ingin memiliki daya ingat kuat setelah memasuki usia tua? Minumlah teh hijau. Sejumlah penelitian membuktikan catechins di teh hijau dapat menjangkau area otak dan melindungi sel-sel saraf sehingga mengurangi risiko penurunan fungsi otak.

Advertisement

Teh hijau juga ampuh mencegah penyakit alzheimer, satu dari sekian penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat.

Secara teknis, catechins dalam teh hijau mencegah pembentukan plak amiloid serta mengurangi akumulasi phosphorylated tau proteins.

Memperbaiki Metabolisme dan Mengurangi Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan? Maka teh hijau dapat menjadi sahabat Anda. Peneliti mengatakan teh hijau dapat memperbaiki metabolisme tubuh sehingga berat badan terjaga.

Ilustrasi obesitas (Dok/JIBI/Solopos)

Ilmuwan menyatakan dalam penelitian yang pernah dilakukan, 35 orang laki-laki dan perempuan dipilih sebagai responden. Mereka yang minum empat cangkir teh hijau setiap hari mengalami penurunam badan signifikan dalam dua bulan dibanding responden yang mengkonsumsi pil diet.

Pada penelitian lain kepada 10 laki-laki, mereka yang mengkonsumsi teh hijau setiap pagi memiliki empat persen tenaga lebih baik selama 24 jam dibanding responden yang hanya mengkonsumsi kafein.

Advertisement

Dengan kata lain, teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan dalam berbagai cara, meningkatkan thermogenesis (pembakaran kalori), menaikkan oksidasi lemak (membakar lemak untuk energi), mengurangi penyerapan lemak dan bahkan nafsu makan.

Mulut yang Sehat dan Nafas Segar

Teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gusi hingga mengurangi nafas tak sedap.

Dari penelitian yang dilakukan pakar, teh hijau dapat bermanfaat sebagai antibakteri untuk menangkal bakteri penyebab sakit gusi atau pembusukan gigi.

Ilustrasi orang bau mulut (Dentist-brampton.com)

Jika dihubungkan dengan penyegar nafas, teh hijau dapat mencegah pembentukan karang gigi, penyakit gusi. Penelitian ini dilakukan terhadap 110 orang. Terakhir, teh hijau dapat mengurangi halitosis atau nafas tak segar.

Kaya Antioksidan

Advertisement

Teh biasa dan teh hijau sama-sama mengandung antioksidan. Namun teh hijau mengandung flavonol yang disebut catechins atau epigallocatechin gallate (egcg) yang lebih tinggi. Catechins merupakan zat yang memiliki antiradang, antikanker dan anti penuaan.

Teh yang tersedia di pasaran Inggris diketahui memiliki 400 mg catechins tiap tiga cangkir teh hijau. Sementara teh hitam atau teh biasa hanya memiliki 100 mg.

Riset yang dilakukan Universitas Colorado diketahuui catechin dalam secangkir matcha 100 kali lebih baik dari teh hijau Tiongkok.

Stres? Pilih Teh Hijau

Ketika merasa lelah atau tertekan, biasanya kita memilih kopi untuk mengembalikan semangat. Adapun dosis kafein yang tinggi dalam kopi dapat mengakibatkan hormon dalam tubuh tertekan, sehingga Anda dapat lebih stres. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein, tetapi jauh lebih rendah dari kopi.

Ilustrasi stres (JIBI/Solopos/Dok.)

Penyebab teh hijau lebih baik daripada kopi ialah kandungan L-theanine. Zat ini dapat merelaksasi pikiran, mengurangi kelelahan dan membantu Anda lebih fokus atau konsentrasi. Dengan kata lain, teh ini dapat meningkatkan gelombang alpha dalam otak, sehingga memiliki efek “penenang”.

Advertisement

Menguatkan Tulang

Sebenarnya teh hijau dan teh hitam sama-sama berfungsi meningkatkan kekuatan tulang. Namun dari riset diketahui manfaat teh hijauh lebih tinggi.

Ilustrasi sedih gara-gara menopause (Chipsterhealth.com)

Sebab egcg dapat mengurangi osteoclasts atau sel penyebab tulang patah serta meningkatkan osteoblasts atau sel yang dapat menguatkan tulang.

Alhasil minum teh hijau atau matcha dapat menguatkan tulang serta mencegah penuaan tulang. Perempuan yang mendekati atau pada masa menopause perlu minum ini untuk menangkal kemungkinan osteoporosis.

Teh hijau juga dapat membantu proses penyembuhan tulang yang patah.

Memperlambat Penuaan Kulit

Advertisement

Dari riset yang dilakukan terhadap 60 perempuan berusia 40-65 tahun, setengah di antaranya diberi teh hijau, sedang sisanya minum minuman pengontrol (placebo). Minuman ini dikonsumsi setiap hari selama 12 minggu.

Ilustrasi wajah cerah (Boldsky.com)

Perempuan yang minum teh hijau, kulitnya 25% lebih baik daripada yang tak mengkonsumsi. Artinya, teh hijau dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Dari laporan Tiongkok, diketahui pestisida dapat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan janin. Pestisida juga dapat mengakibatkan persoalan jaringan lemak sehingga mempengaruhi kualitas gen.

Jadi walau teh hijau memiliki manfaat yang baik, tetapi tanaman organik tetap lebih diutamakan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Teh Hijau Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif