Teknologi
Senin, 12 September 2016 - 00:00 WIB

OS TERBARU : Pakai Android Nougat, Nexus 6P Jadi Boros Baterai

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ikon Android Nougat. (Theverge.com)

OS terbaru Android Nougat masih bermasalah dalam manajemen daya.

Solopos.com, SOLO – Beberapa pengguna smartphone Huawei Nexus 6P mengeluhkan konsumsi baterai yang semakin boros setelah memasang sistem operasi (OS) terbaru Android Nougat yang dirilis pada Agustus 2016 lalu.

Advertisement

Bukan hanya menyebabkan baterai boros, penerus Android Marsmallow itu juga membuat sejumlah Nexus 6P menjadi eror ketika diinstal. Google telah merespons keluhan tersebut dengan menarik update Android Nougat yang semula disediakan di situs drivers.google.com.

Kendati demikian Google maupun Huawei belum memberikan informasi detail terkait masalah tersebut. Akibat masalah tersebut, operator seluler Vodafone yang bertugas mendistribusikan update Android Nougat di Australia juga melakukan penundaan.

“Ada masalah yang membuat update software ini tertundan dan kami bersama Huawei sedang bekerja sama untuk mencari solusinya secepat mungkin. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Vodafone Australia seperti dikutip Solopos.com dari laman Ubergizmo, Sabtu (10/9/2016).

Advertisement

Sementara menurut laman Gottabe Mobile, terkurasnya baterai Nexus 6P disebabkan karena adanya aplikasi dari Playstore yang belum support terhadap OS Android Nougat. Untuk mengetahuinya bisa dicek melalui pemantau konsumsi baterai di menu Setting.

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi akun, mengatur manual kecerahan layar, mematikan aplikasi tidak terpakai, menghapus cache, dan memindahkan berkas video.

Apabila tetap tidak berdampak signifikan, langkah satu-satunya untuk mengembalikan konsumsi baterai smartphone Nexus 6P ke keadaan normal adalah dengan downgrade Android Nougat ke OS lebih lawas seperti Marshmallow atau Lolipop.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif