Jogja
Selasa, 6 September 2016 - 01:20 WIB

REKLAME SLEMAN : Papan Iklan Liar Sulit Dikendalikan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi papan reklame (JIBI/Solopos/Antara)

Reklame Sleman perlu ditata lebih teratur.

Harianjogja.com, SLEMAN– Sejumlah titik di wilayah Sleman banyak terpasang papan-papan reklame. Selain terkesan semrawut, keberadaan iklan-iklan outdor itu banyak yang tidak mengantongi izin.

Advertisement

Meskipun Satpol PP berulangkali melakukan penertiban, jumlah iklan luar ruangan tak berizin justru semakin menjamur. Terutama di jalan-jalan protokol.
“Reklame-reklame liar itu terjadi hampir disemua jalan. Kami lakukan razia, dicopoti, pemiliknya disidangkan tapi tetap saja muncul,” keluh Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Sleman, Rusdi Rais, Senin (5/9)/2016.

Dia menjelaskan, dalam tiga bulan terakhir pihaknya menyeret 10 pemilik reklame ilegal ke meja hijau (Pengadilan Negeri Sleman). Sayangnya, ada beberapa pemilik reklame liar yang tidak datang saat persidangan.

“Kebanyakan reklame ilegal itu tidak memenuhi syarat izin konten dan bangunan. Misalnya berdiri di tepian jalan yang tidak sesuai peruntukannya,” tegasnya.

Advertisement

Adapun reklame ilegal kebanyakan tersebar di Jalan Kabupaten, Seturan, Godean, Kaliurang, Ring Road, Babar sari, dan Jalan Solo. Menurutnya, Pemkab melarang peasangan baliho di sepanjang Ring Road. Namun masih banyak  papan iklan besar yang terpasang di sana, seperti di wilayah Ring Road Utara Condongcatur, Depok.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif