Lifestyle
Senin, 5 September 2016 - 12:15 WIB

Ini Vitamin dan Mineral yang Tidak Diperlukan Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Makanan Sehat (Boldsky)

Ada beberapa vitamin dan mineral yang tidak diperlukan tubuh.

Solopos.com, SOLO — Kita semua tahu untuk tubuh yang sehat perlu mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu. Mineral dan vitamin dibutuhkan tubuh untuk melaksanakan berbagai fungsi dan menjaga kesehatan.

Advertisement

Seperti dikutip Solopos.com dari Boldsky, Senin (5/9/2016), tetapi tubuh tidak dapat memproduksi sendiri dalam jumlah yang memadai. Namun, menurut penelitian terbaru, tubuh kita tidak memerlukan vitamin dan suplemen tertentu.

Mineral dan vitamin sering disebut mikronutrien. Kombinasi kalsium, vitamin D dan K, magnesium dan fosfor melindungi tulang Anda. Vitamin D memungkinkan tubuh untuk memilih kalsium dari sumber makanan melewati saluran pencernaan Anda dengan menyerapnya dari tulang Anda.

Beberapa vitamin B merupakan komponen kunci dari enzim yang membantu melepaskan energi dari makanan. Vitamin B6, B12 dan asam folat membantu metabolisme dan asam amino.

Advertisement

Bertentangan dengan kepercayaan umum, beberapa vitamin yang larut dalam air tetap berada di tubuh untuk jangka waktu yang lama. Anda mungkin telah bertahun-tahun mendapat pasokan vitamin B12 di dalam hati.

Sekarang mari kita membahas suplemen vitamin dan mineral yang tidak diperlukan. Pertama adalah suplemen kalsium. Perempuan telah diberitahu untuk mengambil suplemen kalsium untuk tulang yang kuat.

Menurut penelitian terbaru, suplemen kalsium dapat menyebabkan batu ginjal, pengerasan arteri dan penyakit jantung. Sebaiknya Anda mengonsumsi ikan, sayuran berdaun hijau dan almond untuk asupan kalsium.

Advertisement

Konsumsi Vitamin E yang berlebihan menurut penelitian terbaru bisa menyebabkan kanker. Sebelumnya, vitamin E direkomendasikan untuk pencegahan penyakit seperti Alzheimer, katarak, penyakit jantung, dan lain-lain.

Sebelum menggunakan suplemen yodium, periksa ke dokter Anda untuk meneliti sedikit atau banyak yodium dalam tubuh yang dapat menyebabkan hipertiroidisme atau hipotiroidisme. Jadi berhati-hatilah dengan asupan yodium Anda.

Suplemen zat besi yang berlebihan bisa dapat merusak hati dan organ-organ lain seperti pankreas dan hati. Jadi berkonsultasi dengan dokter dan mencari tahu bila ingin mengonsumsi suplemen zat besi.

Suplemen vitamin B6 juga bisa membuat saraf menjadi abnormal. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen ini silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif