Soloraya
Senin, 5 September 2016 - 16:25 WIB

FENOMENA ALAM : Ajaib, Muncul Kolam di Tengah Lahan Kering di Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kolam air muncul di tanah yang ambles di tanah tegal Ndangnibo, Ngargoharjo, Giritontro, Wonogiri. (istimewa)

Fenomena alam unik terjadi di Wonogiri saat sebuah kolam muncul di tengah lahan kering.

Solopos.com, WONOGIRI – Sebuah lubang besar tiba-tiba muncul di tanah tegalan milik warga di Ngargoharjo, Giritontro, Rabu (31/8/2016 ). Warga setempat heran, karena lubang yang muncul di daerah kering itu justru dipenuhi air seperti kolam.

Advertisement

Lokasi kemunculan lubang berdiameter sekitar 7 meter tesebut terdapat di tanah tegal Ndangnibo, Ngargoharjo, Giritontro. Lahan tersebut milik Nyono, warga Ngasem RT 02/RW 04, Ngargoharjo, Giritontro. Warga yang melihat fenomena itu langsung melaporkannya ke Kepala Desa Ngargoharjo, Sumadi. Menurut Sumadi, dia mendapatkan laporan warga pada Rabu malam.

“Dari pengakuan warga, mereka tidak mendapat petanda apapun dari peristiwa munculnya lubang tersebut. Saat warga datang ke lokasi tegalan itu, sebagian tanah sudah dalam kondisi ambles,” kata dia saat ditemui wartawan saat melaporkan kejadian itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Senin (5/9/2016).

Warga belum mengetahui dasar lobang yang muncul, sebab lubang tersebut hingga Senin masih digenangi air.

Advertisement

“Hal yang menjadi pertanyaan warga juga di situ. Wilayah kami selama ini sering kekeringan. Sebelum munculnya lubang itu juga tidak ada hujan. Tapi ada tanah ambles dan kemudian dipenuhi air,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif