Lifestyle
Minggu, 4 September 2016 - 00:00 WIB

Memasak Pakai Minyak Goreng Berbahaya, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Minyak goreng curah (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Memasak menggunakan minyak goreng berbahaya. Mengapa?

Solopos.com, SOLO — Minyak sawit atau minyak goreng sejak lama telah digunakan untuk memasak. Namun, mungkin Anda belum mengetahui bila minyak goreng bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Advertisement

Ada sejumlah alasan mengapa minyak goreng dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan Anda. Berikut beberapa alasan minyak goreng bisa berakibat buruk untuk kesehatan seperti dilansir Livestrong, Sabtu (3/9/2016):

Tinggi Lemak Lenuh

Minyak goreng mungkin tidak memiliki lemak trans, tetapi mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Kandungan tersebut menjadi ancaman untuk kesehatan jantung. The Center for Science in the Public Interest, melaporkan minyak goreng dapat meningkatkan kada kolesterol darah.

Advertisement

Sulit Dicerna

Proses pemurnian minyak kelapa sawit menghabiskan banyak nutrisi yang terjadi secara alami. Hal itu juga membuat minyak goreng lebih sulit untuk dicerna.

Dapat Menyebabkan Keracunan

Advertisement

Dalam sebuah penelitian tahun 1999, “Plant Foods for Human Nutrition,” tiga peneliti biokimia Nigeria memuji beberapa nutrisi yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit segar.

Mereka menemukan minyak kelapa sawit dalam keadaan teroksidasi dapat mengancam fungsi fisiologis dan biokimia dari tubuh. Para peneliti mengakui produsen makanan olahan mengoksidasi minyak kelapa sawit dalam produk mereka untuk berbagai keperluan memasak.

Artinya, banyak konsumen minyak kelapa sawit mengonsumsi dalam keadaan teroksidasi. Bahaya minyak kelapa sawit teroksidasi dapat menyebabkan organtoxicity dari jantung, ginjal, hati dan paru-paru, serta toksisitas reproduksi. Selain itu, para peneliti mencatat, minyak teroksidasi dapat menyebabkan peningkatan asam lemak, fosfolipid dan serebrosida.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif