Lifestyle
Rabu, 31 Agustus 2016 - 08:30 WIB

7 Alasan Minyak Kelapa Buruk Bagi Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minyak kelapa (Berebite.com.au)

Tips kesehatan tentang tujuh alasan minyak kelapa buruk untuk tubuh manusia.

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar dari kita bisa jadi pernah melihat dan membaca ratusan artikel yang menyebutkan minyak kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Advertisement

Namun, apakah minyak kelapa itu menyehatkan? Sebenarnya minyak kelapa memiliki manfaat kesehatan tapi juga bisa membahayakan kesehatan Anda dalam kasus tertentu.

Sama seperti bahan alami lainnya, minyak kelapa juga mengundang pro dan kontra untuk kesehatan tubuh. Minyak kelapa bisa menyehatkan bila digunakan dengan benar pada waktu yang tepat.

Advertisement

Sama seperti bahan alami lainnya, minyak kelapa juga mengundang pro dan kontra untuk kesehatan tubuh. Minyak kelapa bisa menyehatkan bila digunakan dengan benar pada waktu yang tepat.

Hal itu karena minyak kelapa mengandung banyak vitamin dan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan tubuh Anda. Sementara kelapa dapat digunakan secara aman sampai batas tertentu, Anda harus berpikir lagi dan membuat menyadari efek samping saat mengonsumsi minyak kelapa secara berlebihan.

Jadi, bila Anda ingin tahu manfaat minyak kelapa itu sehat atau tidak bisa menyimak informasi di bawah ini. Berikut tujuh alasan minyak kelapa tidak bagus untuk tubuh sebagaimana dihimpun dari Boldsky, Selasa (30/8/2016):

Advertisement

Minya kelapa bukan pilihan yang tepat bila Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena minyak kelapa mengandung asam lemak dan kalori yang bisa meningkatkan berat badan. Sehingga yang terbaik adalah menggunakannya secara seimbang atau secukupnya saja.

2. Tidak Bisa Memutihkan Gigi

Minyak kelapa tidak bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Memutihkan gigi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan.

Advertisement

3. Jangan Digunakan untuk Oleskan Luka

Minyak kelapa bisa berbahaya bila digunakan untuk mengoleskan luka, goresan, luka bakar, dan lain-lain karena dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut dan menjadi merah.

4. Tidak Bisa Dijadikan Tabir Surya

Advertisement

Minyak kelapa tidak aman digunakan sebagai tabir surya alami karena memiliki kandungan SPF yang sangat rendah dan tidak bisa melindungi kulit Anda dari radiasi UV yang berbahaya.

5. Tidak Efektif untuk Perawatan Wajah

Minyak kelapa dapat berbahaya bagi kulit Anda bila digunakan sebagai pelembab. Dengan mengoleskan minyak kelapa, kulit Anda dapat berubah berminyak dan menyebabkan pertumbuhan bakteri lebih lanjut dan infeksi.

6. Harus Dihindari Saat Musim Dingin

Minyak kelapa dapat menjadi tidak sehat dan aman digunakan selama musim dingin karena merupakan makanan pendingin yang dapat menyebabkan pilek, flu dan kondisi terkait.

7. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Nah, minyak kelapa jelas tidak sehat bila digunakan secara berlebihan, karena kaya akan kandungan lemak dan dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif