News
Selasa, 30 Agustus 2016 - 00:30 WIB

UJIAN NASIONAL : UNP 2016 di Kota Solo Diikuti 194 Peserta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian Nasional, Kota Solo ditunjuk sebagai salah satu daerah pelaksana UNP jenjang SMA/SMK.

Solopos.com, SOLO–Kota Solo kembali ditunjuk sebagai salah satu daerah pelaksana Ujian Nasional Perbaikan (UNP) untuk jenjang SMA/SMK sederajat tahun ini. Ujian yang dijadwalkan mulai Senin-Rabu (29/8-7/9/2016) itu dilangsungkan di SMK Negeri (SMKN) 2 Solo.

Advertisement

Jumlah peserta yang memilih mengikuti UNP di Solo kali ini tercatat ada 194 orang.
Saat dimintai konfirmasi, Senin, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Budi Setiono, mengemukakan, Disdikpora tahun ini kembali menunjuk SMKN 2 Solo sebagai tempat penyelenggaraan UNP 2016 dengan pertimbangan dari sisi sarana dan prasarananya yang memadai.

“Sesuai instruksi dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), UNP kembali diadakan dan Solo ditunjuk sebagai salah satu daerah penyelenggara UNP. Hari ini sudah dimulai untuk hari pertama,” ungkap Budi, saat dihubungi Solopos.com melalui ponselnya.

Dihubungi terpisah, Panitia Pelaksana UNP 2016 SMKN 2 Solo, Kasmadi, tercatat ada 194 peserta UNP di SMKN 2. Dia menjelaskan jumlah itu merupakan peserta yang melakukan daftar ulang di SMKN 2 dari sekitar 600 orang yang sebelumnya telah mendaftar secara online di website Kemendikbud untuk mengikuti UNP tahun ini. Peserta berasal dari SMA atau SMK sederajat dari berbagai kota atau kabupaten di Indonesia, baik dari sekolah pelaksana Ujian Nasional berbasis komputer atau computer based test (CBT) maupun dari sekolah pelaksana Ujian Nasional berbasis kertas atau paper based test (PBT).

Advertisement

“Semua peserta UNP ini mengikuti UNP dengan CBT. Yang dulunya sekolahnya pelaksana PBT pun mengikuti UNP ini dengan CBT,” terangnya.

Sebelum mengikuti UNP tersebut, lanjut Kasmadi, para peserta telah mengikuti uji coba UNP yang dilaksanakan di SMKN 2, Jumat (26/8/2016).

Selain bisa diikuti peserta didik dari jenjang SMA/MA/SMAK/SMTK, SMK/MAK, UNP juga dibuka bagi peserta Program Paket C, khusus untuk tahun pelajaran 2015/2016 yang mencapai nilai UN kurang dari atau sama dengan 55.0 (lima puluh lima koma nol).

Advertisement

Sesuai instruksi dari Kemendikbud, Kasmadi menjelaskan, SMKN 2 Solo menyediakan dua ruang untuk pelaksanaan UNP tersebut, masing-masing untuk peserta UNP SMA sederajat dan peserta UNP SMK.

“Peserta mengikuti UNP berdasarkan mata pelajaran yang dipilihnya untuk diulang saja, jadi tidak semua mata pelajaran dalam UN yang diikuti untuk diulang,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif