Otomotif
Jumat, 5 Agustus 2016 - 15:45 WIB

TIPS OTOMOTIF: Ban Serep Juga Wajib Dirawat, Begini Caranya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ban serep di kolong mobil. (Automd.com)

Tips otomotif merawat ban serep mobil supaya selalu siap ketika hendak digunakan.

Solopos.com, JAKARTA – Meski hanya cadangan, ban serep tetap wajib dirawat layaknya ban utama. Itu supaya siap dan selalu dalam kondisi baik saat diperlukan di perjalanan. Cara perawatannya bisa disimak dalam tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Kepala Bengkel Autopit Kalimalang, Mus M mengatakan tips pertama perawatan sederhana untuk ban serep adalah pembersihan secara rutin. Terutama untuk ban serep yang posisinya di kolong mobil karena selalu terpapar debu dan lumpur.

“Kedua, periksa tekanan angin ban serep minimal sebulan sekali agar selalu siap digunakan dan dapat memperpanjang usia ban. Ban serep yang kurang angin biasanya sering mengalami melekuk pada bagian dinding ban,” ungkap Mus sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, Kamis (4/8/2016).

Apabila ukuran ban serep full atau sama seperti ban utama, maka tekanan angin yang digunakan juga harus sama. Sedangkan jika ukurannya lebih kecil, tekanan angin yang sesuai sudah diatur oleh pabrikan dan angkanya dapat dilihat di bagian dalam pintu depan sebelah kanan.

Advertisement

Tips terakhir, ban serep yang ukurannya full juga harus dirotasi secara berkala seperti empat ban lainnya. Itu dimaksudkan untuk menjaga tingkat keausan ban secara merata.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif