Soloraya
Selasa, 19 Juli 2016 - 14:00 WIB

KEBAKARAN WONOGIRI : BKK Eromoko Terbakar, Berkas Nasabah Diklaim Aman

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi mengamankan kantor BKK Eromoko Cabang Wuryantoro yang terbakar, Selasa (19/7/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Kebakaran Wonogiri terjadi di BKK Eromoko, Selasa (19/7/2016) dini hari.

Solopos.com, WONOGIRI – Kantor Cabang Bank Kredit Kecamatan (BKK) Eromoko Cabang Wuryantoro terbakar, Selasa (19/7/2016) dini hari. Atap dan sejumlah perangkat pada bangunan utama habis terbakar. Diduga kebakaran terjadi karena hubungan pendek arus listrik.

Advertisement

Peristiwa terjadi sekitar pukul 03.50 WIB. Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh petugas penjaga malam BKK, Purwadi. Menurutnya pada sekitar pukul 04.00 WIB dirinya mendengar bunyi letupan di atas langit-langit kantor bagian depan. Setelah itu listrik kantor padam.

“Saya kira ada yang mematikan listrik. Kemudian saya keluar untuk melihat kondisi di luar. Di luar tidak ada apa-apa, lampu rumah-rumah lain di sekitar kantor nyala. Kemudian saya coba menyalakan meteran listrik kantor tidak bisa menyala,” kata dia.

Setelah kembali masuk kantor, dia mulai mencium bau benda yang terbakar. Tak lama kemudian api mulai tampak dari atap kantor bagian depan. Setelah itu dia langsung meminta bantuan petugas keamanan kecamatan. “Pak Camat juga datang. Kemudian memanggil pemadam kebakaran,” kata dia.

Advertisement

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di lokasi kejadian, Selasa sekitar pukul 09.00 WIB, kantor BKK yang terbakar telah diberi pembatas pita polisi. Sejumlah polisi dan TNI juga berjaga di lokasi tersebut.

Kapolsek Wuryantoro, AKP Sartono, mengatakan pihaknya telah menerima laporan terkait kebakaran tersebut sesaat detelah kejadian. “Kebakaran terjadi pada atap kantor. Tidak ada korban jiwa,” kata dia saat ditemui wartawan di lingkungan Kantor BKK Eromoko Cabang Wuryantoro, Selasa.

Sementara itu Kepala Kantor BKK Eromoko Cabang Wuryantoro, Sigit Adi Susilo, mengatakan meski kebakaran juga menyasar peralatan elektronik seperti komputer dan sebagainya, namun dia memastikan data dan berkas keuangan kantor aman dari kebakaran.

Advertisement

“Untuk data sudah langsung tersimpan di kantor pusat. Untuk berkas dan uang serta barang jaminan dari nasabah juga aman karena brangkas dan almari berkas di kantor sisi belakang tidak terbakar,” kata dia. Sigit juga menegaskan pelayanan BKK Eromoko Cabang Wuryantoro tetap berjalan. Untuk sementara pelayanan dilakukan di Kantor Kecamatan Wuryantoro, tepatnya di ruang Posko Siaga Bencana Kecamatan Wuryantoro.

Terkait kerugian yang ditimbulkan atas peristiwa itu, Sigit belum dapat memberikan keterangan. Dia mengatakan pihaknya masih menghitung total kerugian tersebut. Sedangkan untuk penyebab kebakaran, dia menduga adanya hubungan arus pendek listrik di atap kantor.

“Tapi itu baru dugaan kami. Untuk kepastiannya kami masih menunggu hasil penyelidikan dari polisi,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif