Soloraya
Senin, 18 Juli 2016 - 12:00 WIB

WISATA WONOGIRI : Lebih dari 2.000 Ketupat Dibagikan di Waduk Gajah Mungkur

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala UPT Objek Wisata WGM, Pardiyanto, membagikan ketupat kepada pengunjung di panggung hiburan, Minggu (17/7/2016). (Istimewa)

Wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur dimeriahkan dengan pembagian ribuan ketupat.

Solopos.com, WONOGIRI – Lebih dari 2.000 ketupat dibagikan kepada pengunjung Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM), Minggu (17/7/2016) siang. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menghibur para pengunjung OW WGM dalam momen liburan lebaran tahun ini.

Advertisement

Pada kegiatan bagi-bagi ketupat tersebut para pengunjung dipersilahkan untuk menikmati ketupat beserta lauk yang telah disiapkan di area panggung hiburan. Ada sekitar 2.500 ketupat yang disiapkan. Selain itu pada Minggu siang, juga disebar sekitar 250 kelontong ketupat yang berisi kupon berhadiah.

Ada beragam hadiah yang tercantum dalam setiap kupon di dalam kelontong ketupat tersebut. Mulai dari kaos hingga alat elektronik. Acara itu pun menjadi daya tarik tersendiri. Ratusan pengunjung yang datang pun turut berkerumun di halaman panggung hiburan untuk mendapatkan ketupat. Salah satunya adalah Ricky Chandra, 17. Warga Gerdu, RT 2/RW 6, Wonogiri itu mengaku datang sendiri ke OW WGM.

“Mau jalan-jalan saja sebenarnya. Ternyata ada acara seperti itu. Waktu ada pembagian kelontong ketupat, ada kelontong kupat yang jatuh, kemudian saya ambil,” kata dia saat ditemui Solopos.com.

Advertisement

Ricky sangat senang karena ternyata di dalam kelontong kupat tersebut ada kupon hadiah berupa satu unit kulkas.

Sementara itu menurut Kepala UPT OW WGM, Pardiyanto, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan. Bagi-bagi ketupat digelar hanya sekali pada masa liburan lebaran. Jika pada tahun-tahun sebelumnya teranggarkan dalam APBD, tahun ini tidak.

“Sejak 2011 sudah tidak dianggarkan di APBD. Mulai tahun ini kami coba dengan melibatkan para pedagang. Jadi ini adalah swadaya para pedagang dan wahana wisata yang ada,” kata dia. Melalui kegiatan tersebut diharapkan jalinan kekeluargaan dan keakraban para pedagang dan pengelola OW WGM semakin erat. Di sisi lain dapat menarik perhatian pengunjung sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada tahun-tahun berikutnya.

Advertisement

Terkait jumlah pengunjung selama musim liburan lebaran, Pardiyanto mengatakan belum dapat mencapai target yang diharapkan, yaitu 100.000 pengunjung.

Hingga Sabtu (16/7/2016), jumlah pengunjung OW WGM selama Lebaran telah mencapai sekitar 90.000 orang. Sedangkan pada Minggu, diperkirakan ada 5.000 orang.

“Untuk target memang belum, tapi jumlah itu sudah melebihi pencapaian tahun lalu, yaitu sekitar 81.000 pengunjung,” kata dia. Dengan tiket masuk Rp14.000, maka diperkirakan OW WGM mendapat pemasukan sekitar Rp1,3 miliar pada liburan Lebaran tahun ini.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif