Lifestyle
Rabu, 13 Juli 2016 - 00:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Teh Pahit Ternyata Bisa Lawan Kolesterol Jahat

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips kesehatan menyebutkan the pahit mampu melawan kolesterol jahat.

Solopos.com, SOLO – Mengonsumsi the pahit ternyata mampu melawan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Advertisement

“Minum teh pahit bisa membantu [mengatasi kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh]. Dalam teh ada kandungan zat aktifnya,” ujar ahli nutrisi dari Universitas Indonesia, Dr Saptawati Bardosono, Selasa (12/7/2016).

Saptawati atau akrab disapa Tati itu mengatakan kadar kolesterol jahat juga dapat diantisipasi dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

“Kadar kolesterol jahat dapat diantisipasi dengan aktivitas fisik dan olahraga agar kolesterol baik meningkat dan kolesterol jahat dapat dibersihkan dari sirkulasi darah,” katanya seperti dilansir Antara.

Advertisement

Selain itu, saat mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol sebaiknya imbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan, karena kandungan serat dan fitosterolnya dapat menghambat penyerapan lemak di usus.

“Imbangi dengan makan sayur dan buah untuk mendapatkan serat dan fitosterol sehingga dapat menghambat penyerapan lemak di usus,” pungkas Tati.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyebab jantung koroner. Kondisi ini seringkali tak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya. Pola hidup tak sehat terutama di usia 25 tahun ditenggarai menjadi salah satu kontributor penyebab tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif