Jogja
Rabu, 13 Juli 2016 - 09:40 WIB

ARUS BALIK LEBARAN : Jumlah Penumpang Bus Masih Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik Lebaran tiba kembali di Jakarta dengan kereta api kelas Ekonomi. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tak kurang 5.000 penumpang menggunakan moda transportasi umum.

Harianjogja.com, SLEMAN– Jumlah pengguna angkutan umum di Terminal Jombor pada arus balik terbilang cukup tinggi. Selama arus balik berlangsung setiap hari, tak kurang 5.000 penumpang menggunakan moda transportasi umum.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sleman Marjanto mengatakan, pada Senin (11/7) tercatat jumlah penumpang di Terminal Jombor mencapai 5.076 penumpang. Padahal puncak arus balik sendiri sudah dilalui pada Sabtu (9/7) lalu yang mencapai 5.851 penumpang.

Namun ternyata, lanjut dia, hingga H+4 kemarin jumlah penumpang pada arus balik usai berlebaran masih tinggi. “Kami mencatat penumpang yang naik 3.068 orang sementara yang turun 2.008 orang. Totalnya 5.076 penumpang yang terangkut oleh 427 bus angkutan lebaran,” jelas Marjanto, Selasa (12/7/2016).

Menurutnya, masih tingginya penumpang arus balik di Terminal Jombor salah satunya disebabkan oleh lamanya waktu libur sekolah. Kondisi tersebut berdampak juga pada lamanya sebagian pemudik untuk kembali ke tempat asalnya.

Advertisement

“Kebetulan, lebaran tahun ini berbarengan dengan libur sekolah yang akan berakhir minggu ini,” jelas Marjanto.
Meski jumlah penumpang arus balik masih terbilang tinggi, namun dia memprediksi secara keseluruhan jumlah penumpang mengalami penurunan dibandingkan pada libur lebaran tahun lalu. Penurunan tersebut, jelasnya, karena tren masyarakat untuk mudik tahun ini lebih memilih kendaraan pribadi. Tren tersebut berdampak pada menyusutnya pengguna angkutan umum. “Sesuai prediksi kami, jumlah penumpang yang menggunakan Terminal Jombor tahun ini turun,” katanya.

Sampai dengan H+4, Dishubkominfo mencatat total penumpang yang menggunakan bus di terminal tersebut tercatat sebanyak 57.466 penumpang. Hingga H+7, Marjanto meyakini, jumlah penumpang tahun ini tidak akan sebanyak tahun lalu. “Tahun lalu, H+7 jumlah penumpang mencapai 78.547 penumpang,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif