Lifestyle
Senin, 11 Juli 2016 - 10:00 WIB

Ini 10 Kuliner Solo Langganan Presiden Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi, Megawati dan sejumlah tokoh politik menikmati soto di Soto Gading Solo, Sabtu (14/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara)

Kuliner Solo sudah dikenal luas.

Solopos.com, SOLO — Solo dikenal sebagai kota kuliner. Aneka jajanan, makanan, masakan di kota ini biasanya cocok dengan lidah mana pun. Kementerian Pariwisata belum lama ini merilis 10 kuliner Solo yang layak di Solo.

Advertisement

Video : Inilah Legenda Kuliner Solo [https://www.youtube.com/watch?v=tI7w64EWp9M]

Sebagaimana ditulis Detik, Minggu (10/7/2016), berdasarkan siaran pers Kementerian Pariwisata, Presiden Jokowi yang juga berasal dari Solo pun punya kuliner langganan.

“Karena itu, mumpung mudik ke Solo, jangan sampai kehilangan momentum! Buru 10 kuliner paling khas di Kota Bengawan ini!Kuliner itu dibuat secara turun temurun. Komposisi bumbu, lama menanak, besaran api, alat masak, sampai derajad kematangan, itu diatur dengan rasa, tidak cukup dengan pikiran di otak kiri,”” kata Menpar Arief Yahya dalam rilis persnya kepada Detik.

Advertisement

Berikut 10 warung makan rekomendasi yang kerap jadi langganan Prseiden Jokowi:

Nasi Soto Ayam Gading

Warung ini merupakan langganan Presiden Jokowi. Jangan lupakan pesan teh Nasgitel-panas, legi (manis), kental-nya dan seruput pelan-pelan, sambil dirasakan rasa sepet-nya di ujung tenggorokan. Warung ini beralamat di Jl. Gading Kidul, sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

Timlo Sastro

Advertisement

Makanan khas asli Solo yg menyajikan sosis goreng, telor ayam kecap dan jeroan ati ampela ayam yang lezat. Alamat warung ini ada di Jl. Kapten Mulyadi, belakang Pasar Gedhe, Solo

Sate kambing Hj. Bejo

Warung sate satu ini sangat terkenal dengan Sate Buntelnya. Ini juga langganan Presiden Jokowi, jauh sejak beliau menjabat Walikota Solo. Traveler boleh mampir ke Jl. Lojiwetan, Solo.

Tahu Kupat Solichin

Advertisement

Kuliner ini adalah sajian khas tahu dan kupat dengan kuah kecap kental. Traveler bisa menikmatinya di Jl Gajah Mada, sebelah Masjid Solichin, Solo.

Bakmi Jawa Radjiman

Warung bakmi Jawa satu ini juga menyediakan berbagai masakan khas lain seperti Bestik Solo, nasi mawut dan sebagainya. Nasi mawut adalah sajian asi dan mie dicampur mawut jadi satu kesatuan rasa yang khas. Traveler melipir saja ke Jl. Dr. Radjiman, seberang Masjid Fatimah, Solo.

Rujak Cingur Prabu

Advertisement

Bila traveler ke sini, pesan Lotek dan Gado-gadonya yang jauh lebih mantap dari nama warungnya sendiri. Alamatnya ada di sekitar Jl. Widuran, Solo.

Selat Solo Mba Lies

Satu lagi makanan khas Solo, yaitu Selat Solo. Sajian kuliner satu ini merupakan ‘fresh-salad’ ala Solo. Traveler dapat menikmatinya di sekitar Jalan Veteran, Solo.

Gudeg Ceker Mba Yus

Bila mampir ke seini, selain ceker ayamnya, tahu gorengnya juga sangat maknyus. Lokasinya ada di Seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

Nasi Liwet Bu Sarmi

Advertisement

Nasi liwet juga merupakan sajian kuliner khas dari Solo. Satu tempat yang direkomedasikan adalah warung milik Bu Sarmi ini. Alamatnya berada di sekitar Jl. Lojiwetan, Solo.

Nasi Pecel Grogol

Warung pecel satu ini punya sajian sop matahari khas Solo yang akan membangkitkan nostalgia masa lalu bagi para penikmatnya. Traveler bisa mampir ke alamat di sekitar Jl. Grogol, Solo.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif