Jogja
Senin, 4 Juli 2016 - 06:40 WIB

MUDIK LEBARAN 2016 : Jumlah Penumpang di Terminal Jombor Mulai Menurun

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang bus. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tren kepadatan penumpang pada Lebaran 2015, tahun ini mengalami penurunan

Harianjogja.com, SLEMAN – Jumlah penumpang bus yang tiba dan berangkat di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu atau H-3 Lebaran mulai menurun dibandingkan hari sebelumnya.

Advertisement

Kepala Terminal Jombor Sadiman di Yogyakarta, Minggu, mengatakan sejak pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB tercatat 230 bus dan 2.523 penumpang yang turun dan berangkat. Jumlah itu menurun drastis dari H-4 yang masih mencapai 5.929 penumpang di terminal itu.

“Hari ini sudah ada tren penurunan dan kemungkinan akan terus melandai hingga hari H Lebaran,” kata dia seperti dikutip Antara, Minggu (3/7/2016).

Menurut Sadiman jika dibandingkan tren kepadatan penumpang pada Lebaran 2015, tahun ini mengalami penurunan. Pada H-3 2015 jumlah penumpang di Terminal Jombor masih mencapai 5.132 orang dengan jumlah bus mencapai 461 unit.

Advertisement

“Jika dibandingkan 2015, total keseluruhan penumpang (mulai H-7 Lebaran) kemungkinan ada tren penurunan dibanding tahun lalu,” kata dia.

Kemungkinan penurunan itu disebabkan minat pemudik menggunakan sarana transportasi publik khususnya angkutan darat dengan bus yang juga menurun.

“Opsi transportasi lain seperti pesawat yang dipandang lebih murah dan cepat,” kata dia.

Advertisement

Meski demikian, pada arus balik Lebaran jumlah penumpang yang berangkat dari terminal Jombor kemungkinan besar akan meningkat tajam dibandingkan arus balik. Seperti pada H+5 Lebaran 2015, jumlah penumpang di terminal itu mampu mencapai 7.741 orang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif