Lifestyle
Rabu, 15 Juni 2016 - 13:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Manfaat Olahraga Saat Puasa

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi berolahraga. (Istimewa)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang manfaat olahraga saat puasa.

Solopos.com, JAKARTA — Ketika Anda berpuasa, biasanya badan Anda akan merasa lemas sehingga membatasi aktivitas Anda, bahkan mungkin Anda akan mengambil langkah sama sekali tidak berolahraga, karena takut kehabisan energi.

Advertisement

Padahal, pada kenyataannya tidak. Anda tetap bisa berolahraga kendati sedang berpuasa. Hal itu sesuai dengan hasil sebuah penelitian pada 1987, yaitu seorang dewasa yang sehat tetap bisa berolahraga berat selama 72 jam berpuasa. Bahkan olahraga level sedang dapat dilakukan lebih lama. Bagaimanapun, olahraga tanpa air lebih baik dibatasi untuk menghindari dehidrasi.

Seperti dikutip Liputan6 dari Livestrong, Rabu (8/6/2016), sebenarnya tidak ada ketentuan khusus mengenai seberapa banyak aktivitas yang dapat dilakukan selama berpuasa. Hanya saja, puasa tidak akan menyebabkan sakit pada dewasa sehat. Maka aktivitas normal masih tetap dapat dilakukan kecuali mereka merasa lelah atau sakit.

Pakar diet dan fitnes, Denny Santoso sempat mengatakan, latihan aerobik dengan intensitas sedang seperti jogging, treadmill, dan bersepeda cocok dilakukan selama bulan puasa. Baik itu dilakukan di pagi hari atau menjelang waktu berbuka bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Advertisement

“Bila berolahraga di sore hari, lakukan satu atau dua jam sebelum berbuka,” kata Denny.

Kendati demikian, pertimbangkan kembali kondisi kesehatan Anda apabila Anda ingin berolahraga saat puasa. Hal ini dikarenakan dapat mengakibatkan dehidrasi bagi yang tidak terbiasa. Lebih baik lagi jika Anda konsultasikan ke dokter.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif