Lifestyle
Rabu, 15 Juni 2016 - 10:10 WIB

TIPS DIET SEHAT : Ini 6 Camilan Sehat Saat Lapar di Malam Hari

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Berbagai Macam Cokelat (Rsudwaled.cirebonkab.go.id)

Tips kesehatan kali ini mengulas enam camilan yang aman untuk disantap saat malam hari.

Solopos.com, SOLO — Ketika sedang menjalani program diet, ada anjuran agar tidak mengisi perut setelah pukul 20.00 malam. Anjuran tersebut tak sepenuhnya benar. Anda boleh saja mengonsumsi camilan tertentu saat perut terasa lapar.

Advertisement

Apabila aktivitas ngemil ini dilakukan dengan benar, seharusnya tidak menjadi masalah bagi berat badan tapi justru memberikan manfaat. Seperti dikutip Detik dari Live Strong, mengonsumsi makanan mengandung protein sehat di malam hari bisa membantu tubuh membentuk otot saat tidur. Sementara ngemil makanan berkarbohidrat kompleks, akan membantu tubuh mengontrol gula darah di keesokan harinya bahkan nafsu makan jadi lebih terkontrol.

Sementara sedikit makanan dengan karbohidrat sederhana yang dicampur protein, bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Ini dia beberapa makanan yang sehat dikonsumsi pada malam hari.

Advertisement

Sementara sedikit makanan dengan karbohidrat sederhana yang dicampur protein, bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Ini dia beberapa makanan yang sehat dikonsumsi pada malam hari.

1. Cokelat Hitam

Cokelat yang kaya akan kandungan kakao asli, biasa dikenal dengan sebutan dark chocolate (cokelat hitam) bisa jadi camilan bernutrisi tinggi yang baik dikonsumsi di malam hari. Dark chocolate dengan kandungan bubuk kakao 50-70 persen biasanya lebih rendah gula. Selain itu kandungan antioksidannya juga tinggi. Polifenol yang terdapat dalam cokelat bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin (mencegah keinginan makan manis berlebihan), melawan peradangan hingga meningkatkan mood positif. Saat keinginan ngemil di malam hari datang, kulum saja beberapa keping dark chocolate.

Advertisement

Ingin makan es krim di malam hari, tapi khawatir kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi? Pilih alternatif lain yang lebih sehat dengan membuat es krim pisang. Caranya, potong-potong dua buah pisang lalu tambahkan satu cangkir stroberi. Kemudian simpan di lemari es sampai membeku. Setelah beku, campurkan pisang dan stroberi ke dalam blender dan proses sampai terbentuk pasta menyerupai es krim. Pisang kaya akan serat dan mineral potassium yang baik bagi pencernaan. Selain rasanya lezat, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat menaikkan kadar gula darah. Sementara itu stroberi tinggi vitamin C dan antioksidan yang juga baik bagi kesehatan tubuh.

3. Kacang Pistachio

Pistachio kaya akan nutrisi. Kacang dengan rasa tawar yang sedikit gurih ini mengandung serat, biotin, vitamin B6, thiamin, folat, dan lemak tak jenuh. Makan beberapa butir, bahkan hingga 15 pistachio masih terbilang ‘aman’ karena kacang ini termasuk rendah kalori, jika tidak ditambahkan garam. Anda juga bisa memakannya bersama keju atau buah-buahan.

Advertisement

4. Susu Madu Hangat

Susu mengandung tryptophan, zat yang meningkatkan produksi serotonin yakni hormon yang memunculkan rasa tenang dan senang. Selain itu susu juga kaya akan nutrisi yang mengenyangkan. Tambahkan sedikit madu (setengah sendok teh), dan Anda akan mendapatkan asupan gula yang mudah dicerna dan menstimulasi hormon yang mendorong terbentuknya serotonin. Minum susu madu hangat di malam hari, perut kenyang, tidur pun menjadi nyenyak.

5. Frozen Blueberry

Advertisement

Buah berwarna biru yang kaya antioksidan ini bisa meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung, juga rendah kalori. Blueberry yang dimakan dalam keadaan beku atau dingin akan terasa lebih segar, terlebih lagi jika dicampur dengan sedikit krim atau yoghurt. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 2-3 sendok makan lalu campurkan dengan satu cangkir blueberry.

6. Almond

Satu lagi kacang yang juga baik untuk dicamil di malam hari, yaitu almond. Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan almond secara rutin tingkat kolesterol dan trigliserida masuk dalam kategori sehat. Artinya, jika kadar kolesterol dan trigliserida normal maka risikonya lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Makanlah almond mentah atau panggang, tanpa tambahan rasa atau pemanis buatan agar kalorinya tetap rendah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif