Lifestyle
Selasa, 14 Juni 2016 - 07:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Jauhi "5P" Ini Agar Tak Terserang Mag saat Puasa

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - pewarna makanan (ilustrasi/JIBI/dok)

Tips kesehatan kali ini tentang sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita mag.

Solopos.com, SOLO – Gaya hidup khususnya makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan organ percernaan, khususnya lambung. Kesalahan pemilihan jenis makanan atau minuman bisa mengakibatkan asam lambung berlebih, bahkan bisa mengakibatkan peradangan dinding lambung (gastritis).

Advertisement

Pakar herbal dari Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Solo, Angga Prasetyo, mengatakan sedari dini sebaiknya masyarakat menghindari makanan atau minuman yang ia singkat 5P.

Pertama, hindari makanan/minuman dengan pewarna buatan. Pada Bulan Puasa, banyak orang malah mengonsumsi sirup yang terbuat dari pewarna buatan atau sintetis. Kedua, hindari perasa buatan semisal sirup dengan perasa buah. Ketiga, hindari pengawet buatan. Keempat, hindari penyedap rasa buatan. Kelima, hindari pengembang makanan.

“Roti yang empuk itu memicu asam lambung berlebih dan fungsi pancreas. Kalau berlanjut, ada kemungkinan terjadi penyakit komplikasi dalam tubuh,” terangnya saat berbincang dengan solopos.com di Kantor Business Center (BC) HPAI Soloraya, Senin (6/6/2016).

Advertisement

Ia menambahkan, selama puasa, agar tubuh menjadi lebih kuat hendaknya seseorang menghindari makanan yang memicu pembuangan cairan dengan cepat seperti gorengan, santan dan makanan pedas. Sebaiknya seseorang mengonsumsi makanan yang bisa menyimpan air dalam tempo lama dalam tubuh.

“Ssaat sahur bisa mengonsumsi sayuran, buah-buahan, sari kurma dan perbanyak air putih. Biar tidak pucat, bisa mengonsumsi ganggang atau di HPAI ada produk bernama Spirulina,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif