Lifestyle
Senin, 13 Juni 2016 - 08:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Cara Cegah Susah BAB Selama Berpuasa

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi toilet (www.appaswamy.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang cara mencegah susah buang air besar.

Solopos.com, SOLO — Terkadang ada orang yang merasa susah buang air besar (BAB) atau sembelit ketika berpuasa. Hal ini bisa dihindari dengan tips kesehatan kali ini, Sabtu (12/6/2016).

Advertisement

Terkait dengan hal itu, Anda harus mengatasi masalah susah buang air besar ini dengan himpunan trik pencegahannya, sebagaimana dikutip Okezone dari Boldsky.

Sertakan Banyak Sayuran

Advertisement

Sertakan Banyak Sayuran

Sayuran mengandung banyak serat yang sehat. Sayuran seperti buncis, kacang polong perlu dimasukkan ke dalam menu sahur dan berbuka puasa. Karena, sayuran tersebut membantu mencegah sembelit saat berpuasa di bulan Ramadan.

Buah-Buahan

Advertisement

Jus Buah

Terlepas dari air, jus buah segar dapat membantu mencegah dehidrasi dan sembelit selama puasa di bulan Ramadan. Minumlah air kelapa, jus semangka, jus jeruk, dan jus anggur untuk mencegah sembelit.

Sertakan Probiotik

Advertisement

Probiotik seperti yogurt membantu dalam mencegah sembelit yang disebabkan asupan makanan rendah kalori. Jadi, pastikan untuk menyertakan yogurt selama puasa agar pencernaan sehat.

Konsumsi Gandum

Gandum merupakan asupan sehat yang dapat membuat pencernaan sehat selama Ramadan. Karena itu, sertakan gandum dalam menu sahur untuk membantu mencegah sembelit.

Advertisement

Makan Produk Rendah Lemak

Ayam tanpa kulit dan ikan mengandung rendah lemak, tetapi merupakan sumber protein. Hal ini membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh selama berpuasa. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air setelah berpuasa untuk mencegah sembelit.

Sertakan Kurma

Kurma harus dimasukkan dalam menu diet selama puasa Ramadan. Karena, kurma merupakan sumber serat, karbohidrat, kalium, magnesium dan gula alami. Makan kurma selama Ramadan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah sembelit.

Ngemil Almond

Almond salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi selama puasa Ramadan. Karena, almond kaya akan protein dan serat, serta sedikit lemak yang membantu mencegah sembelit selama berpuasa di bulan Ramadan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif